Siap-siap! Zuckerberg akan ‘Bongkar’ Timeline Facebook

Telset.id, Jakarta – CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengatakan pada Kamis (11/01), bahwa ia akan segera mengubah konsep tampilan pada timeline Facebook. Hal ini dilakukan Facebook untuk mulai memprioritaskan posting-an dari lingkaran anggota keluarga dan teman-teman.

Itu artinya, sekitar 2 milyar pengguna Facebook akan melihat lebih sedikit artikel berita, video viral dan konten media lainnya. Sebagai gantinya, mereka akan lebih banyak melihat foto-foto bayi, update status dari anggota keluarga termasuk sepupu-sepupu atau rekan kerja.

Perubahan ini termasuk perubahan besar di dunia media sosial terutama untuk karakter Facebook yang telah terbentuk selama bertahun-tahun.

Zuckerberg mengatakan bahwa ide ini dibuat agar para pengguna Facebook memiliki interaksi yang lebih bermakna dan memastikan psikologi mereka tidak tersakiti karena menghabiskan waktu menggunakan Facebook.

Bulan lalu, Facebook mempublikasikan sebuah laporan yang menunjukkan bagaimana orang-orang menghabiskan banyak waktu dengan Facebook beserta efek positif dan negatifnya.

Scrolling dan membaca banyak hal bisa memberikan efek negatif, sementara aktivitas interaktif seperti halnya menekan tombol “Suka”, menulis komentar mampu memberikan efek positif.

“Kami merasa memiliki tanggung jawab untuk memastikan apa yang kami berikan kepada publik bukan hanya sebatas menyenangkan, tetapi juga baik untuk psikologi setiap orang,” kata Zuckerberg di laman akun Facebook-nya.

“Saya sedang mengubah goal yang saya tetapkan kepada tim pengembangan produk Facebook dari fokus memberikan konten yang relevan ke konten yang lebih bermakna untuk interaksi sosial,” sambungnya.

Melalui perubahan ini, jelas Zuck, ia mengharapkan waktu yang dihabiskan orang-orang untuk mengakses Facebook, semakin menurun. Tapi ia juga berharap waktu yang sedikit itu justru lebih bermanfaat.

“Dan saya percaya selama kami melakukan hal yang benar, itu akan membawa kebaikan untuk komunitas dan bisnis kami dalam jangka panjang,” ujar Zuck. [WW/HBS]

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here