Facebook Sematkan Messenger Kids ke Fire Tablet

Telset.id, Jakarta – Messenger Kids, aplikasi terbaru Facebook yang dikhususkan bagi pengguna anak-anak di bawah usia 13 tahun baru saja diluncurkan hari ini. Dalam peluncuran kali ini, Facebook menggandeng Fire tablet milik Amazon.

Aplikasi ini sesungguhnya sudah lebih dulu tersedia dalam perangkat tablet iPad, iPhone dan iPod touch pada awal Desember lalu. Dan kini, dengan hadirnya Facebook Messenger Kids di Fire Tablet, itu artinya aplikasi ini juga bisa dibeli di Amazon Appstore, khususnya di pasar Amerika Serikat.

Hadirnya aplikasi messenger ini bukannya tanpa kontroversi. Aplikasi ini muncul di tengah masa sulit baik bagi Facebook maupun platform media sosial lainnya. Kekhawatiran para orangtua semakin memuncak lantaran kecanduan anak-anak dan kalangan dewasa pada gadget dan media sosial.

Minggu ini contohnya, Apple baru saja merespons permintaan dua investornya untuk memberikan solusi terhadap masalah penggunaan smartphone yang berlebihan di tengah pengguna anak-anak.

Kemudian pihak Apple memastikan untuk segera memasukkan fitur baru yang membantu para orangtua mengendalikan akses internet untuk anak-anak mereka.

Sementara itu, Facebook juga telah menerima sederet kritik sepanjang setahun terakhir, mulai dari penyebaran berita palsu hingga dituding ‘membajak’ otak para penggunanya agar semakin kecanduan media sosial.

Tak terkecuali, peluncuran Messenger Kids-pun harus diikuti berbagai kritik dan diklaim serupa dengan produsen rokok yang menyasar pasar konsumen anak-anak di bawah umur.

Tetapi, di tengah segala kritik dan konflik mengenai isu ini, Facebook setidaknya telah melakukan sesuatu – bahkan perusahaan teknologi raksasa seperti Apple, telah mengacuhkan permasalahan ini selama bertahun-tahun. [WW/HBS]

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here