AI Ini Bisa Gambar Apapun yang Dipikirkan Manusia

membaca pikiran manusia

Telset.id, Jakarta – Kemajuan teknologi sudah memasuki tingkatan yang mungkin sedikit unik sekaligus menyeramkan. Bagaimana tidak, baru-baru ini para ilmuwan dari ATR Computational Neuroscience Labs di Jepang telah menciptakan Artificial Intelligence (AI) yang mungkinkan sistem mampu menggambar apa yang dibayangkan oleh otak manusia.

Secara singkatnya, para ilmuwan ini menciptakan sebuah sistem berbasis AI yang mampu membaca pikiran manusia. Kemudian, sistem nantinya akan menuangkannya hasil pikiran atau bayangan dari otak manusia ke dalam bentuk gambar.

[Baca juga: Kecanduan Smartphone Bikin Otak Gak Seimbang]

Dilansir dari Fossbytes, agar bisa membaca pikiran manusia, sistem memerlukan data MRI atau data gelombang otak untuk menebak apa yang sedang dipikirkan manusia. Seperti menebak apakah yang dipikirkan itu adalah sebuah bentuk, objek, tulisan, atau lainnya.

Selama proses pengembangannya, peneliti yang beranggotakan Guohua Shen, Tomoyasu Horikawa, Kei Majima dan Yukiyasu Kamitani ini melatih AI ciptaan mereka selama 10 minggu dengan berbagai rekaman data gelombang otak para sukarelawan yang sebelumnya diperlihatkan beberapa gambar.

Hasilnya, beberapa objek yang dilihat termasuk huruf-huruf bisa digambarkan ulang dengan cukup baik oleh AI ini meski masih terlihat belum sempurna.

[Baca juga: Implan Otak Seukuran Kuku Bisa Kembalikan Penglihatan yang Hilang]

Well, jika AI ciptaan para ilmuwan Jepang benar-benar telah sempurna, kemungkinan sistem ini akan benar-benar berguna. Salah satunya bagi orang-orang berkebutuhan khusus seperti kesulitan berbicara.

Sehingga untuk berbicara dengan orang lain, mereka hanya harus membayangkan apa yang ingin dikatakan, kemudian sistem akan menggambarkan dan menampilkan apa yang ada dipikirannya kepada orang lain. (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here