‘Pengemis Like’ akan Segera Ditendang dari Facebook

Telset.id, Jakarta – Saat berselancar di Facebook, seringkali kita merasa jengkel atau terganggu dengan postingan yang “mengemis” minta di Like, Share, dan juga tag. Kabar gembiranya, postingan seperti itu akan segera dihilangkan oleh Facebook, karena termasuk postingan yang mengandung spam atau “Engagement Bait”.

Sebelumnya, postingan seperti itu memang sering muncul di timeline atau News Feed Facebook kita. Hal itu disebabkan karena algoritma Facebook yang cenderung mengangkat postingan populer yang miliki jumlah Like, Comments, hingga Share yang banyak. Sebagai contoh postingan “tag a friend who likes to nap!”, dan postingan sejenisnya yang kerap hadir di posisi teratas News Feed Facebook kita.

Dilansir dari The Verge, akhirnya Facebook memutuskan untuk memberantas postingan mengganggu atau yang bersifat engagement bait di dalam sistemnya mulai minggu ini. Untuk melakukannya, jejaring sosial milik Mark Zuckerberg itu melatih machine learning mereka dengan data masukan berupa ratusan ribu postingan agar bisa mengkaji serta mengkategorikannya secara otomatis.

[Baca juga: Cegah Pengguna Saling Unfriend, Facebook Rilis “Snooze”]

“Ke depan kami akan terus mencari cara untuk memperbaiki dan meningkatkan upaya mengurangi postingan yang mengandung engagement bait,” jelas Facebook.

“Kami ingin mengurangi penyebaran konten yang mengandung spam, sensasional atau menyesatkan utnuk mempromosikan percakapan yang lebih bermakna di Facebook,” lanjut Facebook.

[Baca juga: Facebook Bisa Deteksi Pengguna yang Niat Bunuh Diri]

Dijelaskan Facebook, jika sebuah akun atau Pages berulangkali mengunggah hal-hal yang mengandung engagement bait, maka terpaksa raksasa media sosial ini akan memblokirnya selama beberapa minggu untuk memberikan mereka pelajaran. Nah bagi Anda yang senang memberikan postingan yang dimaksud tadi, sebaiknya kurangi ya! (FHP.HBS)

SourceThe Verge

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI