Beranda Gizmo Ini Smartphone Pertama dengan Pemindai Sidik Jari di Layar

Ini Smartphone Pertama dengan Pemindai Sidik Jari di Layar

Telset.id, Jakarta – Synaptics beberapa hari lalu telah mengumumkan bahwa mereka sudah merampungkan sistem pemindaian sidik jari di bawah layar. Samsung disebut-sebut akan menjadi vendor pertama yang menggunakan teknologi tersebut di perangkat mereka. Namun perkiraan itu salah, karena bukan Samsung yang pertama. Lalu siapa?

Menurut Forbes, Vivo akan menjadi vendor pertama di dunia yang menggunakan sistem pemindaian sidik jari di bawah layar. Informasi ini diungkapkan oleh salah satu penulis di Forbes, Patrick Moorhead, yang mengklaim telah mencobanya secara langsung di perangkat Vivo.

Teknologi pemindaian sidik jari di bawah layar dari Vivo ini diberi nama Celar ID. Moorhead mengatakan saat mencoba Celar ID, ia merasakan sistem pemindai tersebut bekerja dengan sangat baik, bahkan hampir sama dengan pemindai sidik jari pada umumnya.

[Baca juga: Duo Galaxy S9 Bakal Punya Pemindai Sidik Jari di Layar]

“Saya menekan tombol power di sebelah kanan, ikon pemindai sidik jari menyala di bagian bawah layar, saya sentuh ikon tersebut, dan membiarkan saya masuk,” ujar Patrick.

Cara kerja di balik teknologi dengan nama ClearView R66455 dan R66451 oleh Synaptics tersebut adalah digunakannya teknologi Complementary metal–oxide–semiconductor (CMOS) image sensor. Teknologi inilah yang nantinya dapat mengenail sidik jari pengguna.

Sensor yang memiliki ketipisan 0,7mm ini nantinya akan dibenamkan di belakang layar. Bukan layar biasa, namun untuk menjalankan sensor ini, harus menggunakan layar bertipe OLED.

Layar OLED nantinya akan memberikan latar cahaya terhadap sensor pemindai sidik jari ini. Jadi, para pengguna tidak akan kesulitan dalam mencari letak pemindai sidik jari di layar smartphone mereka.

[Baca juga: 3 Jenis Layar Smartphone Paling Populer, Mana Terbaik?]

Synaptics juga mengklaim bahwa pemindai sidik jari mereka bisa digunakan dalam segala kondisi. Mulai dari kering, basah, dingin, panas, dan kondisi lainnya, para pengguna tidak akan mengalami masalah.

Kelebihan dari teknologi ini adalah para vendor dapat tetap menggunakan layar bezel-less tanpa harus mengorbankan penempatan pemindai sidik jari di belakang perangkat. Selain itu, dikarenakan berada di balik layar, maka tipe pemindai sidik jari tersebut akan lebih tahan goresan.

Namun sayang, baik pihak Vivo maupun Synaptics masih enggan memberi tahu kapan pastinya perangkat ini akan mulai diproduksi secara massal pada perangkat Vivo. Yang pasti, Synaptics memberi bocoran bahwa smartphone dengan teknologi ini akan tersedia di kuartal pertama 2018, tanpa mau menyebut seri apa. [NC/HBS]

SourceForbes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest

Dear Apple, Contek 5 Fitur Galaxy Note 20 Ultra Ini untuk iPhone 12

Telset.id - Samsung Galaxy Note 20 Ultra merupakan smartphone flagship yang memiliki berbagai fitur canggih di dalamnya. Fitur-fitur ini mungkin saja menjadi inspirasi bagi brand lain untuk...

Galaxy Note 20 vs Note 10 vs Note 9: Apa Perbedaannya?

Telset.id, Jakarta – Samsung akhirnya mengumumkan ponsel premium terbarunya, Galaxy Note 20 dan Galaxy Note 20 Ultra. Kedua smartphone diklaim membawa peningkatan spek yang...

AS Gencar “Bersih-bersih” Aplikasi China, TikTok Jadi Sasaran

Telset.id, Jakarta  – Presiden Donald Trump meningkatkan upaya untuk membersihkan aplikasi China yang "tidak dipercaya" dari jaringan digital Amerika Serikat (AS). Mereka menuding TikTok...