Tak Ada Lagi “Fake GPS” di Snapdragon 845

Fake GPS
Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Telset.id, Jakarta – Sudah menjadi rahasia umum jika banyak oknum pengemudi angkutan online sering memanfaatkan aplikasi “Fake GPS” untuk mendapatkan penumpang sebanyak mungkin. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, biasanya sang driver bisa memanipulasi lokasi dirinya demi mendapatkan penumpang di tempat-tempat tertentu.

Namun kini eksistensi aplikasi fake GPS akan segera “mati” dengan kehadiran chipset terbaru dari Qualcomm, Snapdragon 845. Hal tersebut diungkapkan oleh Senior Manager Marketing Qualcomm, Dominikus Susanto.

Menurutnya, aplikasi seperti fake GPS atau sering dikenal dengan istilah “Tuyul” di kalangan pengemudi angkutan online ini akan dikenali sebagai aplikasi dengan kegiatan yang mencurigakan dan berpotensi membahayakan perangkat yang digunakan.

Sekarang banyak oknum driver yang tidak betanggung jawab menggunakan fake GPS yang tiba-tiba bisa mengambil penumpang dengan jarak yang cukup jauh,” katanya di acara perkenalan Qualcomm Snapdragon 845 Mobile Platform, di kantor Qualcomm di Jakarta, Kamis (14/12/2017).

Qualcomm Snapdragon 845
Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

“Sekarang di Snapdragon 845 tidak lagi bisa begitu, karena bisa dideteksi lagi nuyul nih,” lanjutnya.

Dijelaskan Susanto, hal itu bisa terjadi karena adanya layer bernama Secure Processing Unit (SPU) di dalam Snapdragon 845. Nantinya SPU akan otomatis melaporkannya ke server platform terkait bahwa telah ada driver-nya yang melakukan perbuatan curang.

“Kegiatan yang dikenali sebagai suspicious behavior akan dikirimkan ke server, kemudian platfom itu bisa memberikan teguran atau hukuman pada oknum yang gunakan fake GPS,” pungkasnya.

“Ini layer security bisa ngomong antara smartphone dengan platform untuk tingkatkan keamanan yang lebih,” jelasnya. (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here