Studi: Game Super Mario 64 Bisa Cegah Dimensia

Telset.id, Jakarta – Siapa yang tidak kenal dengan Mario Bros? Ya game yang pertama kali diluncurkan pada 1983 ini memiliki banyak varian judul, yang hadir di hampir setiap konsol game milik Nintendo.

Selain menjadi game legendaris karena keseruan pemainannya, ternyata game ini juga memiliki “manfaat” lain. Game seri Super Mario 64 diklaim dapat mencegah penyakit Dimensia. Hal ini terungkap dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas de Montréal.

Demensia adalah suatu kondisi di mana kemampuan otak seseorang mengalami kemunduran. Kondisi ini dapat ditandai dengan keadaan seseorang sering lupa akan sesuatu, keliru, adanya perubahan kepribadian, dan emosi yang naik-turun atau labil.

Menurut Profesor Gregory West yang memimpin penelitian ini, bahwa dengan memainkan game Super Mario 64 selama 30 jam sehari, dapat menurunkan kemungkinan penyakit Dimensia.

[Baca juga: Tak Hanya Game, VR Juga Bisa Jadi Alat Medis]

Dalam penelitian dilakukan percobaan terhadap 33 relawan, yang berusia sekitar 55 hingga 75 tahun. Sekitar sepertiga relawan diminta memainkan game Super Mario 64 setiap malam selama 30 menit, seminggu lima kali.

Setelah tugas ini diselesaikan, para relawan kemudian dibawa untuk dilakukan pemindaian MRI. Hasilnya, bagian ‘abu-abu’ dari hippocampus dan cerebellum yang ada di otak mengalami perubahan ke arah yang lebih baik.

Menurutnya, game tersebut dapat menstimulasi memori dan pengambilan keputusan terhadap para pemain, saat menyelesaikan puzzle sembari melewati peta yang penuh dengan hambatan.

“Video game 3D melibatkan hippocampus untuk membuat peta kognitif, atau representasi mental, lingkungan virtual yang sedang di eksplorasi otak,” ujar Profesor West, seperti dikutip dari laman Daily Mail.

[Baca juga: 5 Risiko Berbahaya Kecanduan Bermain Game]

Bahkan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemain Super Mario 64 memiliki hasil tes yang lebih baik dari kelompok lain yang bermain piano dalam waktu yang sama. Padahal, selama ini banyak yang percaya bahwa dengan memainkan piano, dapat mengurangi kemungkinan terkena Dimensia. [NC/HBS]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI