BBC Ajarkan Anak Sekolah Cara Identifikasi Hoax

Telset.id, Jakarta – Penyebaran berita palsu atau hoax di media sosial, grup chatting, dan beberapa platform lain membuat para orang tua khawatir terhadap anak mereka. Hal ini dikarenakan para remaja masih sangat mudah dipengaruhi oleh orang yang membuat berita-berita palsu.

Melihat kekhawatiran ini, BBC pun berencana ikut andil dalam mengedukasi cara pengidentifikasian hoax. Caranya adalah dengan mengirimkan wartawan secara langsung ke sekolah-sekolah.

[Baca juga: Duh! Siri “Bikin Hoax” Sebut John Travolta Meninggal]

Mengutip dari laman Ubergizmo, program edukasi ini akan dilakukan oleh BBC mulai Maret 2018. Mereka rencananya akan mengirim beberapa wartawan ke berbagai SMA di Inggris sebagai permulaan.

Menurut Director-General BBC Tony Hall, mereka membuat program edukasi ini karenakan merasa masih merupakan tanggung jawab wartawan untuk coba melawan derasnya penyebaran berita-berita palsu di masyarakat.

“Kami di BBC memiliki tanggung jawab nyata soal masalah pencegahan (penyebaran berita hoax) ini,” kata Tony.

Kantor berita yang berpusat di Inggris tersebut menargetkan program ini dapat menjangkau 1.000 sekolah atau lebih. Untuk metode pengajarannya, BBC akan memilih metode berdiskusi, mengupas tuntas artikel yang remaja baca di internet, dan bermain game yang dibuat oleh studio animasi Aardman.

[Baca juga: Catat! 22 Desember iPhone X Masuk Indonesia]

“Dengan berbagi pengalaman jurnalistik, kami ingin membuat generasi muda sadar dan memiliki kemampuan yang mereka perlukan sehingga mereka bisa mengidentifikasi berita palsu dengan percaya diri,” pungkasnya.

Sebenarnya, saat ini berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, serta beberapa platform lain seperti Google dan lainnya sedang berusaha menekan penyebaran berita hoax.

Berbagai cara dan metode sudah dilakukan, namun hingga saat ini masih belum ada metode yang efektif untuk menghalau penyebaran berita hoax. [NC/HBS]

 

SourceUbergizmo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI