Hati-hati! Keyboard Android Bocorkan Data Pengguna

Telset.id, Jakarta – Celah keamanan pada aplikasi yang berjalan di smartphone Android kembali terungkap. Kali ini menimpa salah satu aplikasi keyboard populer di Android yakni Ai.Type Keyboard.

Berdasarkan laporan peneliti keamanan dari Kromtech Security Center, ditemukan fakta bahwa aplikasi keyboard tersebut telah membiarkan rincian data dari 31.293.959 penggunanya dapat diakses secara publik. Hal itu terjadi karena sang developer, Ai.Type gagal mengamankan server database dari aplikasinya sendiri.

Akibatnya, para peneliti keamanan tersebut pun berhasil mengakses seluruh data penggunanya dengan cukup mudah. Dilansir dari Gadgets Now, server database itu sendiri diduga dimiliki oleh salah satu pendiri Ai.Type bernama Eitan Fitusi.

“Ai.Type secara tak sengaja membiarkan seluruh database pada MongoDB sebesar 577GB terbuka ke semua orang yang punya koneksi internet,” jelas peneliti dari Kromtech.

[Baca juga: Duh.. Aplikasi GO Keyboard Mata-matai Pengguna]

Dijelaskan, MongoDB sendiri memang merupakan platform yang biasa digunakan sebuah perusahaan atau organisasi untuk emnyimpan datanya. Namun kekurangannya adalah, ketika terjadi sedikit saja kesalahan konfigurasi, maka akan berakibat tersebarnya seluruh data penting secara online.

“Siapapun yang punya koneksi internet bisa mencari database tersebut, men-download-nya, atau bahkan menghapus data yang telah tersimpan di dalamnya,” ungkap Kromtech.

Diungkapkan Kromtech, data Ai.Type Keyboard yang terekspos di internet berupa informasi nomor telepon, nama lengkap, nama perangkat berikut modelnya, nama operator yang digunakan, resolusi layar, bahasa yang digunakan, versi Android, alamat email, informasi sosial media, alamat IP, alamat lengkap pengguna, foto-foto bahkan hingga nomor IMEI dari smartphone yang digunakan.

Bahkan 6.435.813 data diantaranya yang mengandung nomor kontak termasuk nama dan juga nomor telepon yang tersimpan pun telah terekspos dengan mudah berkat kelalaian dari developer tersebut.

So, kami sarankan jika Anda menggunakannya, sebaiknya segera hapus aplikasi tersebut dan segera amankan akun-akun yang sempat terhubung ke aplikasi Ai.Type Keyboard. (FHP/HBS)

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI