Cara Menghemat Kuota Internet di Ponsel Android

Telset.id – Anda sering merasa boros kuota internet padahal telah membeli paket data yang cukup besar dan juga cukup mahal yang sebenarnya dialokasikan untuk digunakan selama satu bulan? Jika ya, mungkin ada yang salah dengan cara Anda menggunakan aplikasi di smartphone, atau mungkin ada yang salah dengan aplikasi yang Anda install di dalamnya.

Nah, tim Telset.id punya cara nih menghemat kuota internet di smartphone Android Anda. Ingin tahu seperti apa caranya? Yuk simak!

  • Pertama yang harus Anda lakukan adalah install aplikasi bernama Datally. Aplikasi ini merupakan buatan Google yang mampu membantu Anda untuk mengurangi penggunaan data internet dengan berbagai cara.

  • Jika sudah, jalankan aplikasinya. Namun sebelumnya, Anda harus mengizinkan aplikasi untuk mengakses data penggunaan internet pada smartphone dan protokol internet lainnya.

  • Di halaman utama aplikasi, tampak kuota internet yang Anda habiskan per hari ini secara real-time. Di bagian bawahnya juga terdapat aplikasi yang paling banyak menyedot kuota internet Anda.

  • Tekan tombol Manage Data, maka Anda bisa melihat rincian besaran kuota internet yang dihabiskan oleh aplikasi. Penggunaan kuota pun bisa dilihat secara per hari, per minggu bahkan per bulan.

  • Nah untuk menghemat kuota internet, ubah toggle Data Saver off di halaman utama menjadi Data Saver on.

  • Jika fitur tersebut diaktifkan, maka hampir seluruh aplikasi yang membutuhkan koneksi internet termasuk aplikasi yang berjalan secara background, akan dihentikan akses internetnya.
  • Jika tak ingin aplikasi favorit Anda diblokir akses internetnya, Anda hanya perlu menekan tombol berbentuk gembok, dan otomatis aplikasi pun mendapatkan akses internetnya kembali.

  • Yang menarik, ketika menjalankan aplikasi yang diblokir akses internetnya, Datally secara otomatis akan berusaha membuat Anda untuk hemat kuota internet.
  • Misalnya saja saat menggunakan browser Chrome. Tampak adanya tombol popup yang perlihatkan seberapa banyak kuota internet yang dihabiskan ketika mengakses satu situs secara real-time.

  • Jika sudah terlihat semakin membengkak, Anda bisa menekan tombol tersebut dan pilih tombol Block Data. Otomatis koneksi internet benar-benar tidak bisa digunakan untuk aplikasi Chrome.

  • Selain memblokir akses internet, Anda juga bisa mengetahui lokasi-lokasi yang punya akses Wi-Fi. Bahkan, Anda juga bisa diarahkan menuju lokasi tersebut dengan bantuan Google Maps. Tinggal tekan tombol Find Wi-Fi di halaman utama, maka otomatis Anda akan mendapatkan tempat-tempat strategis yang punya akses Wi-Fi.

Bagaimana, mudah kan caranya? Selamat mencobanya ya! (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Pria Misterius Beli Roket Seharga Rp 91,2 Miliar

Telset.id, Jakarta  - Seorang pria misterius beli roket seharga USD 5,6 juta atau Rp 91,2 miliar dalam sebuah pelelangan....

Trafik Internet Diprediksi Naik 40% Saat Ramadan dan Lebaran

Telset.id, Jakarta - Trafik internet saat bulan Ramadan dan lebaran di tahun 2020 ini diprediksi akan naik sebesar 40%....

Ini Produk Paling Laku di Tokopedia Selama Corona, Bisa Tebak?

Telset.id, Jakarta - Tokopedia baru-baru ini mengumumkan kategori produk paling laku di platform mereka. Produk ini dibeli masyarakat selama pandemi...

WhatsApp Batasi Forward Pesan untuk Tekan Hoaks Corona

Telset.id, Jakarta  - WhatsApp memberlakukan batasan baru untuk forward pesan (forward message) alias pesan yang diteruskan. Tujuannya, untuk menekan...

Tokopedia Tindak Tegas Penjual Masker dengan Harga Tak Wajar

Telset.id, Jakarta - Tokopedia tidak segan menindak tegas para penjual produk kesehatan, seperti masker, hand sanitizer, dan lainnya yang dijual...
- Advertisement -