Pengguna 5G akan Capai 1 Miliar di Tahun 2023

Telset.id, Jakarta – Percepatan pengembangan teknologi jaringan ke-5 atau sering disebut dengan 5G semakin terlihat jelas. Bahkan beberapa pihak telah memprediksi jumlah penggunaan jaringan terbaru ini akan lebih cepat dari penetrasi jarIngan 4G.

Salah satunya adalah Ericsson, yang baru-baru ini memprediksi jumlah pengguna 5G hingga 5 tahun ke depan. Mereka mengatakan, bahwa pada 2023 nanti, akan ada 1 miliar perangkat yang sudah menggunakan jaringan 5G.

[Baca juga: Qualcomm Pamer Konsep Smartphone 5G]

Lebih lanjut, Ericsson menjelaskan bahwa lebih dari 20 persen populasi dunia akan mendapatkan akses pada 5G pada akhir 2023. Teknologi jaringan ini diperkirakan akan pertama kali tersedia di kota-kota yang besar dengan penduduk yang padat.

Yang paling mengejutkan, seperti dilaporkan CNET, bahwa rata-rata penggunaan per bulan akan mencapai 110 exabyte hanya melalui jaringan seluler saja pada tahun 2023. Jika di konversi menjadi sebuah video, maka ini setara dengan 5,5 juta tahun streaming video Full HD setiap bulannya.

Selain itu, jaringan 5G ini disebut-sebut akan mengubah kehidupan dunia digital sepenuhnya. Hal ini dikarenakan jaringan 5G akan dapat mengaktifkan teknologi seperti IoT, kendaraan otonom, dan lainnya.

[Baca juga: Elon Musk Diduga Jadi “Bapak” Bitcoin]

Belum lagi dengan jaringan 5G ini juga akan mempercepat pengembangan Augmented Reality (AR). Belum lagi, teknologi kesehatan pun akan mengalami percepatan yang signifikan dengan teknologi jaringan terbaru ini.

Sebelumnya, berita mengenai perkembangan jaringan 5G ini sudah terjadi dalam dua tahun terakhir ini. Dan sekarang, hasil riset awal dan pengembangan teknologi itu baru mulai terlihat. Diduga, jaringan 5G akan tersedia pada 2019. [NC/HBS]

SourceCNET

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Trik Sembunyikan Foto Biar Gak Muncul di Galeri

Telset.id - Beragam foto dan video yang disimpan di smartphone biasanya akan muncul di galeri. Bagi kamu yang tidak...

Aplikasi Youtap Bidik UMKM Jadi “Teman Dagang”

Telset.id, Jakarta - Aplikasi Youtap resmi meluncur di Tanah Air. Aplikasi tersebut mengklaim sebagai teman para padagang, khususnya pelaku...

NASA Pamer Foto “Pale Blue Dot” Bumi yang Terkenal

Telset.id, Jakarta - Gambar "Pale Blue Dot" atau foto nyata Bumi yang diambil dari jarak sekitar empat miliar mil...

Imbas Virus Corona, Stok iPhone Terbaru jadi Langka

Telset.id, Jakarta - Apple mengeluarkan peringatan tentang potensi kekurangan pasokan iPhone terbaru akibat imbas virus Corona. Bahkan, Apple mengakui...

4 Kehebatan Jaringan 0G Dibanding Teknologi 5G

Telset.id, Jakarta - Saat para operator gencar melakukan uji coba jaringan 5G di Indonesia, Sigfox Indonesia justru menghadirkan jaringan...
- Advertisement -
X
X