Peneliti Kembangkan Alat Penguat Ingatan Manusia

Telset.id, Jakarta – Seiring bertambahnya usia, daya ingat manusia terus menerus menurun. Terlebih lagi bagi mereka yang terkena penyakit Alzheimer, dimana penyakit ini dapat menurunkan daya ingat manusia secara siginifikan.

Akibatnya, para pengidap penyakit ini dapat kehilangan ingatan mereka secara total. Mulai dari kehilangan ingatan terhadap suami, istri, atau anak, kehilangan ingatan mengenai kenangan masa muda, bahkan hingga namanya sendiri.

Namun kini, para ilmuwan membawa kabar gembira bagi para pengidap penyakit Alzheimer. Mengutip dari laman Futurism, para peneliti telah berhasil menciptakan sebuah alat yang berfungsi untuk menguatkan daya ingat manusia.

[Baca juga: 4 Kelebihan yang Bikin iPhone Ungguli Android]

Alat ini sendiri harus di implan langsung ke dalam otak. Cara kerja dari alat ini adalah dengan mengirim stimulian khusus yang kepada bagian otak berisikan ingatan untuk memperkuat ingatan tersebut.

Profesor Dong Son, salah satu ilmuwan yang ikut dalam pengembangan ini mengatakan bahwa alat ini sudah diuji kepada 20 sukarelawan, termasuk pengidap penyakit epilepsi dan Alzheimer. Hasilnya, para pasien mengalami peningkatan ingatan berkisar 15 hingga 25 persen.

[Baca juga: Pendapatan Turun, Foxconn Sebut iPhone X Jadi ‘Biang Kerok’]

Namun sayang, Son menegaskan bahwa alat ini masih belum akan dipasarkan secara komersil. Hal ini dikarenakan para peneliti masih ingin meningkatkan efektifitas dari alat ini dan memastikan tidak ada efek samping dari alat ini. [NC/HBS]

SourceFuturism

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI