Ilmuwan Temukan Planet ‘Pengganti Bumi’

Telset.id, Jakarta – Sekelompok ilmuwan kembali menemukan sebuah planet baru ‘pengganti Bumi’. Penemuan ini disebut-sebut membawa harapan baru bagi para peneliti untuk membawa umat manusia ke planet lain jika bumi sudah tak lagi layak untuk dihuni manusia.

Adalah Ross 128b, sebuah planet berjarak 11 tahun cahaya dari bumi. Planet ini dikabarkan memiliki temperatur yang sama dengan Bumi, dimana temperatur merupakan salah satu syarat utama dalam mencari planet pengganti Bumi.

[Baca juga: Ini Dia Pesawat NASA yang akan Menjelajah Matahari]

Seperti dilaporkan Engadget, Ross 128b memiliki temperatur antara 20 hingga 60 derajat celsius. Temperatur ini sangat mirip dengan temperatur Bumi, dimana manusia dapat bertahan hidup dengan mudah.

Faktor pendukung lain yang mendukung planet tersebut layak huni adalah perpaduan antara jarak planet dengan pusat galaksi dengan panas yang dihasilkan oleh sang bintang utama.

Memang, jarak antara Ross 128b dengan ‘Matahari’ mereka 20 kali lebih dekat dari bumi dan Matahari. Namun, bintang pusat galaksi dari planet tersebut memiliki suhu yang lebih rendah dari Matahari.

Terdapat juga fakta bahwa Rss 128b tidak terpapar radiasi ultraviolet dan x-ray yang dapat menghancurkan kehidupan. Hal ini dikarenakan planet tersebut memiliki atmosfer yang cukup mirip dengan atmosfer Bumi.

[Baca juga : iPhone X Raih “Inovasi Terbaik 2017” Versi Majalah Time]

Sebagai informasi, para ilmuwan menemukan Ross 128b menggunakan teleskop planet-hunting High Accuracy Radial velocity Planet Searcher (HARPS) milik ESO. Planet tersebut dikabarkan memiliki ukuran 35 persen lebih besar dari bumi dan memiliki masa orbit 9,9 hari.

Namun, untuk membawa manusia ke planet tersebut para ilmuwan harus membbuat sebuah kapal yang mampu melintasi jarak 11 tahun cahaya. Saat ini, masih belum ada teknologi yang mampu membuat kapal ruang angkasa mencapai jarak tersebut. [NC/HBS]