MediaTek ‘Istirahat’ Produksi Chipset High-End

Telset.id, Jakarta – MediaTek saat ini merupakan produsen chipset mobile terbesar kedua. Untuk mempertahankan posisi ini MediaTek terus mengembangkan inovasi dan mengeluarkan beberapa chipset di semua segmen smartphone. Namun sangat disayangkan, seolah menyerah, MediaTek dikabarkan akan istirahat untuk memproduksi chipset di kelas high-end.

Hal ini terlihat ketika Mediatek mengeluarkan Helio X30, untuk menyaingi Qualcomm di kelas chipset High end. Namun sangat miris meskipun berada di kelas yang sama dengan Snapdragon 835, Apple A11, Exynos 8895 dan Kirin 970, chip andalan MediaTek ini seolah tidak laku dan walhasil hanya seri Meizu Pro 7 Plus dan Elephone X8 Lite yang menggunakan.

Situasi ini mungkin telah memaksa produsen chipset asal China ini untuk istirahat sejenak dalam pembuatan chipset untuk smartphone flagship

General manager in charge of International sales MediaTek Finbarr Moynihan mengungkapkan, bahwa MediaTek benar-benar beristirahat dari chipset flagship dan memfokuskan perhatiannya pada perangkat flagship baru.

Dia juga memberikan alasan mengapa chipset Helio X30 tidak laku di pasaran. Alasannya karena chipset dan modem itu diharuskan untuk bisa memenuhi kebutuhan modem high-end untuk operator AS, Eropa, Tiongkok, Jepang, Korea, Afrika, dan India. Tapi Helio X30 tidak memiliki beberapa spesifikasi modem global yang akan membuatnya diadopsi oleh produsen di luar Tiongkok. Seperti yang kita ketahui, mayoritas yang menggunakan chipset MediaTek adalah produsen smartphone dari Tiongkok.

Setelah mengumumkan untuk istirahat dari persaingan chipset high-end, perusahaan bakal lebih fokus pada chipset mid-range Herio P series yang terbilang sukses diadopsi oleh banyak smartphone. Bahkan seri chipset baru ini memiliki beberapa model premium baru di dalamnya. Tentu ini bukan berarti perusahaan benar-benar berhenti dari kategori high-end, namun mereka beristirahat sejenak dan berharap bisa naik kembali secara bertahap. (MS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI