Smartphone Lipat akan Jadi Tren Baru Tahun Depan?

Telset.id, Jakarta – Tren desain smartphone terus mengalami perkembangan, baik dari sisi ukuran maupun bentuknya. Setelah hampir semua vendor kompak mengadopsi desain bezel-less yang populer pada dua tahun terakhir, inovasi desain apalagi yang mungkin akan booming di tahun depan?

Meski belum dapat dipastikan keakuratannya, tapi jawaban yang hampir mendekati adalah desain foldable atau ponsel lipat, yang mungkin saja akan mulai populer di tahun depan. Desain ponsel lipat ini telah diawali dengan diluncurkannya ZTE Axon M yang punya dua layar dan membawa konsep desain smartphone lipat.

Ponsel buatan ZTE ini cukup menarik, karena berkat bantuan adanya engsel di bagian tengahnya, smartphone ini bisa dibentangkan penuh. Setelah Axon M, dikabarkan ada beberapa perusahaan lain yang sedang bersiap meluncurkan atau mengembangkan smartphone lipat versi mereka.

Salah satunya adalah Samsung yang dirumorkan akan merilis Samsung Galaxy X pada 2018 mendatang. Berdasarkan bocoran sebelumnya, Galaxy X mungkin akan memiliki desain yang mirip seperti ZTE Axon M.

Dalam bocoran tersebut diperlihatkan Galaxy X juga memiliki engsel di bagian tengah smartphone, yang membuatnya dapat dibentangkan secara penuh, mirip seperti Axon M. Bocoran ini diperkuat dengan adanya bocoran gambar paten yang muncul di internet beberapa waktu lalu.

[Baca juga: Bentuk Samsung Galaxy X Mirip ZTE Axon M?]

Setelah Samsung, kemudian ada Huawei yang juga dikabarkan akan segera mengembangkan smartphone lipat, yang dipersiapkan untuk pasar di tahun yang akan datang.

Bahkan rencana ini sudah dipastikan oleh bos mereka sendiri, Richard Yu yang mengatakan bahwa mereka ingin mengeluarkan smartphone serupa dalam waktu yang akan datang. Hebatnya, Huawei ingin meluncurkan smartphone lipat versi mereka tanpa adanya bantuan engsel yang dinilai mengganggu tampilan pada layar.

“Saat ini, masih ada jarak antara dua layar. Itu kurang bagus, dan kami harus menyingkirkannya,” katanya.

[Baca juga: Huawei ‘Latah’ Ingin Bikin Ponsel Lipat]

Selanjutnya adalah Oppo yang juga bersiap mengembangkan smartphone selfie yang bisa dilipat. Dikabarkan Oppo akan mengembangkan smartphone lipat yang sedikit berbeda. Hal itu karena perusahaan asal China ini membuat smartphone lipat ala mereka yang hanya bisa ditekuk sebesar 25% sampai 35% dari layar secara keseluruhan.

[Baca juga: Oppo Patenkan Desain Ponsel Lipat, Seperti Apa?]

Dengan adanya kamera depan di bagian atas, ada kemungkinan desain tersebut memungkinkan satu kamera yang bisa digunakan sebagai kamera depan atau kamera belakang, mirip seperti Oppo N1 yang punya satu kamera putar yang bisa jadi kamera depan atau kamera belakang.

Well, sepertinya memang konsep smartphone lipat akan menjadi kiblat desain selanjutnya setelah desain borderless atau bezel-less dianggap “terlalu mainstream“, seperti desain smartphone kompak yang sudah booming terlebih dahulu. (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Cara Ubah Tampilan Smartphone Android Jadi Mirip Windows

Telset.id - Bosan dengan tampilan smartphone Android yang itu-itu saja? Ternyata Anda bisa loh mengubah tampilan smartphone Android jadi...

Auto Kekinian, Ini 5 Earphone TWS Mirip AirPods

Telset.id - Beragam earphone berjenis TWS (True Wireless Stereo) kini terus bermunculan. Desain dan fitur yang ditawarkan pun cukup...

Untuk Keamanan SIM Card, BRTI: Operator Bisa Pakai Biometrik

Telset.id, Jakarta - Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) menyarankan operator untuk menggunakan sensor pemindai atau biometrik untuk pendaftaran dan...

Teknologi Ini Bantu Nasib Korban Holocaust Tentara Nazi

Telset.id, Jakarta - Sebuah foto tua dan teknologi pengenal wajah modern membantu dua saudara asal Israel mengetahui bagaimana sang...

BRTI akan Panggil Operator Bahas SOP Pergantian SIM Card

Telset.id, Jakarta - Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) akan memanggil operator minggu depan. BRTI dan operator akan membahas terkait...
- Advertisement -