Anak Ini Bisa Akali Face ID iPhone X Ibunya

Telset.id, Jakarta – Sejak Apple mengadopsi sistem keamanan baru Face ID di iPhone X, banyak orang yang seperti merasa untuk bisa “membobol” sistem keamanan berbasis pengenalan wajah tersebut dengan berbagai cara.

Rasa penasaran itu muncul karena Apple mengklaim bahwa sistem keamanan pengenalan wajah yang mereka buat itu sangat sulit dibobol. Bahkan dengan jumawa, Apple menyebut bahwa kemungkinan iPhone X bisa dibuka lewat Face ID oleh seseorang adalah sekitar 1:1.000.000 (berbanding 1:50.000 untuk Touch ID).

Hal inilah yang memicu orang untuk berusaha mengakali Face ID dengan berbagai cara. Mulai dari sepasang kembar identik, memakai topeng, dan lainnya. Dengan teknik tersebut, Face ID seolah bingung sehingga bisa dikelabui oleh pasangan kembar identik yang melakukannya beberapa waktu lalu.

[Baca juga: iPhone X Bingung Dikerjai Anak Kembar]

Nah, ternyata usaha “membobol” Face ID para pengguna iPhone X masih terus berlanjut. Kali ini dilakukan oleh seorang ibu dan anaknya yang berumur 10 tahun yang memang secara gen memiliki kemiripan pada wajahnya.

Jika sebelumnya Face ID berhasil dibobol oleh sepasang kembar identik dianggap wajar, karena memiliki kemiripan wajah yang terkadang sulit untuk membedakannya. Tapi bagaimana dengan wajah ibu dan anak? Apakah Face ID masih bingung?

Ternyata Face ID iPhone X masih bingung juga memindai wajah ibu dan anak ini. Ya, iPhone X yang telah diatur hanya bisa diakses dengan wajah sang ibu berhasil dibobol dengan wajah anaknya. Hebatnya, Face ID iPhone X berhasil dibuka sang anak hanya dalam sekali percobaan.

Anehnya, seperti dilansir dari The Verge, ternyata selain bisa mengakses iPhone X milik ibunya, anak itupun bisa mengakses iPhone X milik sang ayah hanya dengan sekali percobaan saja.

Dijelaskan, hal unik ini bisa terjadi ketika sang ibu mendaftarkan wajahnya dalam pencahayaan yang cukup redup. Namun ketika mendaftarkan ulang wajah mereka di kondisi pencahayaan yang normal, anak itupun sama sekali tidak bisa membuka iPhone X milik ibunya.

Namun “celah kelemahan” ini sudah diakui oleh Apple saat pertama kali mengenalkan Face ID beberapa waktu lalu. Saat itu Apple mengatakan bahwa Face ID bisa kesulitan mengenali wajah orang yang berumur di bawah 13 tahun, karena “ciri-ciri khas” wajah sang anak belum berkembang secara penuh.

[Baca juga: Hanya dengan Topeng, Face ID Bisa Dibobol]

Memang jika dilihat harganya yang sangat mahal hingga mencapai belasan juta rupiah, kemungkian banyak orangtua yang tidak akan memberikan iPhone X miliknya kepada anak mereka. Tapi kemungkinan perangkat ini bisa dipegang sang anak tanpa sepengetahuan orang tuanya bisa saja terjadi kapan saja.

Well, kalau sudah begitu, Face ID tampaknya tak bisa berbuat banyak, bukan? (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here