7 Langkah Jitu Bikin Jepretan Smartphone “Instagramable”

6. Maksimalkan Fitur Bawaan

Maksimalkan Fitur (telset.id | nur chandra)
Maksimalkan Fitur (telset.id | nur chandra)

Saat ini, vendor smartphone telah mejejali perangkat mereka dengan berbagai macam fitur. Salah satunya yang sedang menjadi tren di kalangan ‘Kids Jaman Now‘ adalah penggunaan smartphone kamera ganda, untuk mendapatkan efek bokeh yang ciamik.

Gunakan Live Focus di Galaxy J7+ (telset.id | nur chandra)
Gunakan Live Focus di Galaxy J7+ (telset.id | nur chandra)

Salah satu vendor yang memiliki fitur ini adalah Samsung yang menanamkan kemampuan kamera ganda di smartphone mid-range mereka, yakni Galaxy J7+. Tentu saja, smartphone ini bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk Anda.

Samsung membenamkan Galaxy J7+ dengan dua lensa, satu dengan lensa 13MP bukaan f1.7 serta kamera 5MP dengan bukaan f1.9. Tugas dari lensa 5MP ini adalah mengambil efek Deep of Field untuk mendapatkan efek bokeh.

Dengan konfigurasi ini, Anda dapat mengambil gambar bokeh dengan lebih baik. Di tambah lagi, dengan adanya pilihan pengaturan Life Focus, maka gambar bokeh yang Anda ambil akan lebih artistik lagi.

7. Edit Foto Anda

Edit Foto Anda (telset.id | nur chandra)
Edit Foto Anda (telset.id | nur chandra)

Bagi sebagian orang, melakukan editing foto merupakan ‘sebuah dosa’. Namun terkadang, kita dapat menghasilkan sebuah foto yang artistik dengan melakukan editing terhadap hasil gambar yang kita ambil.

Biasanya, komputer menjadi sarana terbaik untuk melakukan editing sebuah foto. Namun pada saat ini, smartphone pun sudah dapat melakukan tugas yang ternyata cukup membebani prosesor tersebut.

Misalnya saja, Anda bisa menggunakan aplikasi Adobe Photoshop Express atau Snapseed sebagai pilihan aplikasi editing foto. Keduanya memiliki fitur yang sangat banyak, bahkan beberapa tools yang ada di desktop pun dapat ditemui di dalam apliaksi ini.

7+ Jangan Lupa Rutin Bersihkan Lensa

Bersihkan lensa (telset.id | nur chandra)
Bersihkan lensa (telset.id | nur chandra)

Nah, ini tips terakhir dari kami, yakni jangan lupa untuk selalu membersihkan lensa. Selain untuk membuat hasil gambar yang diambil tetap sempurna, ada kegunaan lain dari tips yang satu ini, yakni menghindari lensa dari goresan.

Mengapa demikian? Ya, karena selama menggunakan smartphone, kita terkadang menaruhnya dengan lensa kamera di bagian bawah. Padahal, kita tidak tahu apakah di atas permukaan lensa terdapat debu, kotoran, atau hal lain yang dapat menggores lensa saat diletakkan di atas meja atau lainnya.

Memang, para vendor smartphone telah melindungi lensa dengan menggunakan lapisan lensa dengan kaca berkualitas tinggi. Namun, tidak ada salahnya bukan untuk memberikan perhatian lebih ke smartphone kita, agar tetap dapat mengambil gambar yang sempurna? [NC/HBS]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI