Telkom Hackathon Jaring Entrepreneur Digital Muda

Telset.id, Jakarta – Pemerintah terus mendorong pertumbuhan ekonomi digital dengan cara melakukan terobosan inisiatif digital di berbagai bidang. Untuk menjaring entrepreneur digital di Indonesia, Telkom menggagas acara bernama ‘Telkom Hackathon’.

Setelah sukses menggelar Telkom Hackhaton di tahun 2015 dan 2016, PT Telkom Indonesia kembali menggelar acara Telkom Hackathon yang puncaknya akan dilaksanakan pada Januari 2018.

Telkom Hackathon merupakan kompetisi pembuatan aplikasi dalam 24 jam yang memanfaatkan teknologi informasi guna memecahkan permasalahan nasional. Telkom memilih fokus pada bidang yang saat ini bertransformasi ke digital secara cepat, seperti e-commerce, fintech, logistic, dll.

“Melihat animo yang sangat baik dari tahun-tahun sebelumnya, kami optimistis dapat menghasilkan lebih banyak lagi aplikasi yang bermanfaat dari para entrepreneur digital yang kian tumbuh dan berkembang pesat di Indonesia,” kata Joddy Hernady, SVP Media dan Digital Business PT Telkom.

Perbedaan tahun ini, kata dia, seluruh peserta Telkom Hackathon akan mengikuti berbagai tahap yang disiapkan Telkom antara lain memahami API (Application Programming Interfaces) yang disediakan Telkom.

Kemudian, mengumpulkan prototype aplikasi, mengikuti tahap workshop, mentoring & coaching, dan inkubator. Seluruh kegiatan akan diadakan di Digital Valley Telkom yang merupakan tempat berkumpul para penggiat industri digital.

Telkom Hackathon akan menjaring seluruh potensi generasi muda di Indonesia dan juga dilakukan workshop di berbagai kota besar yang memiliki banyak penggiat industri digital, yakni Jakarta, Bandung, Yogjakarta, Malang dan Makassar.

Cara mendaftar kompetisi ini cukup mudah. Peserta mengirimkan konsep dan  prototipe aplikasi melalui portal yang disediakan khusus untuk Telkom Hackaton, kemudian akan disaring mengikuti tahap selanjutnya.

Penilaian final direncanakan akan dilakukan pada tanggal 27-28 Januari 2018. Untuk informasi lebih  lengkap peserta dapat memfollow akun Twitter, Instagram dan Facebook ke @telkomdigital.

Peserta yang lolos masuk babak final akan mendapatkan kesempatan coaching clinic dari pakar industri untuk kemudian memperbaiki prototipe yang semula diajukan sebelum pitching dihadapan para juri yang ditunjuk Telkom mewakili para ahli di berbagai bidang.

“Telkom Indonesia berharap semakin banyak penggiat entrepreneur digital di Indonesia yang mengikuti ajang ini. Kami mendukung anak muda dapat berperan memberikan solusi-solusi terbaik, sehingga mampu menumbuhkan ekonomi digital Tanah Air,” pungkasnya.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI