Takut Diretas, Film “The Walking Dead” Dikasih Watermark

Telset.id, Jakarta – Kasus peretasan memang sulit untuk dihentikan. Meski sulit, namun masih ada cara untuk sekedar “mencegahnya”. Anda tentu masih ingat dengan kasus peretasan film series Game of Thrones yang menimpa HBO beberapa waktu lalu, yang membuat perusahaan film tersebut harus menelan kerugian yang sangat besar.

Karena tak ingin “bernasib sama” seperti HBO, pembuat film series The Walking Dead, AMC pun memiliki cara tersendiri untuk setidaknya bisa mencegah pembajakan yang menimpa mereka selama ini.

Sekedar informasi, sama halnya seperti Game of Thrones, film series The Walking Dead pun selalu bisa dinikmati secara ilegal, entah itu lewat streaming atau dengan men-download menggunakan layanan Torrent dan lainnya.

Dilansir dari Express.co.uk, cara pencegahan yang diterapkan oleh AMC adalah dengan memberikan watermark rahasia di film series The Walking Dead di semua episode-nya yang telah didistribusikan. Watermark itu sendiri diklaim sama sekali tidak terlihat oleh mata.

[Baca juga: Iflix Siap Hadapi Pembajakan Film di Indonesia]

“Ini adalah hal terpenting bagi kita untuk melindungi aset paling berharga,” kata CTO AMC, Steve Pontillo.

Untuk membuat watermark berteknologi ini, AMC bekerjasama dengan perusahaan forensic watermarking, NexGuard. Nantinya, dengan adanya watermark ini, AMC dapat mengidentifikasi dan melacak dimana kebocoran konten terjadi dan siapa yang bertanggung jawab atau menyebarkannya secara ilegal.

[Baca juga: Dikepung Pembajakan Film, HOOQ: Netflix Saja Bisa!]

Dengan disematkannya digital watermaking itu juga, AMC berupaya untuk melepaskan predikat yang melekat pada series The Walking Dead yang saat ini berada di posisi kedua sebagai salah satu acara yang paling sering dibajak menurut TorrentFreak.

So, dari sekarang cobalah untuk mengurangi atau menghentikan kegiatan menikmati konten secara ilegal ya! (FHP/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI