Windows 10 akan Blokir Para ‘Cheater’ Game

Telset.id, Jakarta – Bagi para gamer sejati, pasti sudah tak asing lagi berhadapan dengan para pemain curang atau biasa disebut cheater di game online. Ada kabar gembira bagi Anda yang jengkel dengan kelakuan para cheater, karena nantinya mereka tak bisa lagi beraksi di Windows 10.

Para cheater ini biasanya menggunakan sebuah software khusus untuk mendapatkan keuntungan dalam bermain game. Biasanya mereka hanya mencari peringkat di dalam sebuah game, bukan untuk bersenang-senang.

Kabar bagusnya, dalam pembaharuan Windows 10 Creator terbaru, Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah memberikan kemampuan kepada Windows 10 untuk memblokir software cheat yang berjalan di sistem operasi tersebut.

[Baca juga: Microsoft Rilis Patch untuk Tambal Lubang Keamanan WiFi]

Mengutip dari laman The Verge, sistem pengamanan yang bernama TruePlay ini dapat mendeteksi program yang bertujuan untuk mencurangi sebuah game. Contohnya seperti Wall Hack dimana pemain dapat melihat tembus pandang melalui tembok dan AimBots, dimana gamer dapat menembak ke arah manapun dan tetap mengenai lawan.

Cara kerja dari TruePlay dikabarkan memiliki kesamaan dengan sistem anti Cheat milik Valve — pemilik dari laman Steam — yang bernama Valve Ant-Cheating (VAC). Kedua sistem ini akan membaca anomali yang terjadi di dalam game dan memberi peringatan ke pihak pengembang agar merka langsung bisa melakukan penanganan.

[Baca juga: iPhone X Bisa ‘Kerek’ Pertumbuhan Industri Smartphone]

Pihak Microsoft sendiri saat ini telah memberikan Application Program Interface (API) ini kepada para pengembang game. Hal ini dilakukan untuk membasmi para gamer curang yang berada di game online.

Akan tetapi, untuk saat ini fitur TruePlay ini masih belum akan tersedia di sistem operasi Windows 10 umum. Selain itu, saat ini hanya beberapa game yang tidak dijual di Windows Store saja yang sudah mendukung sistem ini, seperti Forza dan Cuphead.

Tapi kedepannya, perusahaan raksasa software ini berjanji akan segera membantu para pengembang game, baik yang akan menjualnya di Windows Store atau tidak untuk dapat menggunakan sistem keamanan tersebut. [NC/HBS]

SourceThe Verge

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI