Keren! Indonesia Masuk Game Civilization VI

Telset.id, Jakarta – Indonesia memiliki sejarah panjang sejak zaman kerajaan-kerajaan Nusantara, seperti Majapahit, Sriwijaya, Tarumanegara, dll. Dari deretan nama-nama kerajaan di Tanah Air, nama Majapahit dianggap paling menonjol dan dikenal luas hingga mancanegara.

Cerita kerajaan Majapahit memang sudah mendunia. Tak hanya di Indonesia, legenda kerajaan Majapahit juga sudah tersebar hingga mancanegara. Pada masa jayanya, kerajaan ini merupakan sebuah “Negara Adi Daya”, atau jika di era sekarang seperti Amerika Serikat atau Rusia.

Nah, kisah kerajaan Majapahit ini juga menarik para developer game. Tak main-main, karena yang membuat ini bukan pengembang game ‘kelas lokal’, tapi pengembang tingkat dunia yang namanya sudah populer di industri gaming.

Ya, potongan sejarah Indonesia atau lebih tepatnya kerajaan Majapahit ini diangkat oleh Firaxis ke dalam game Civilization. Firaxis menghadirkan Indonesia sebagai salah satu faksi di Sid Meier’s Civilization VI.

Bagi Anda yang belum tahu, Dyah Gitarja lahir sebagai putri raja Majapahit. Setelah saudara tirinya, Raja Jayanagara dibunuh pada tahun 1328, Gitarja pun naik tahta. Selama ia memerintah, terjadi banyak kekacauan dan pemberontakan. Namun berkat bantuan Patih Gajah Mada, Majapahit berhasil meredam pemberontakan dan bahkan memperluas kekuasaannya di seluruh Nusantara hingga Asia Tenggara.

Mengutip dari laman Dual Shokers, di dalam game ini, Indonesia dipimpin oleh Dyah Gitarja, ratu dari kerajaan Majapahit. Indonesia yang memiliki keahlian dalam perang laut, dan mempunyai banyak bonus jika membangun kota dari tepi laut.

Kemudian, Indonesia juga akan mendapatkan skill khusus bernama Great Nusantara. Dengan skill tersebut, bangunan ekspansi berupa Holy Sites, Campus, Industrial Zones, dan Theatre Squares memiliki bonus pengaruh tambahan jika dibangun di tepi pantai.

Indonesia juga memiliki unit khusus bernama Jong, yang menggantikan slot kapal Frigate. Jong memiliki ruang gerak yang lebih luas dan serangan yang lebih hebat jika digabung menjadi unit kesatuan atau armada. Jong merupakan unit utama sehingga Indonesia bisa menguasai lautan di awal permainan.

[Baca juga: Duh! Gamer Ini Jadi Buta karena Kecanduan Game]

Lalu untuk bangunan khusus, Indonesia memiliki Kampung di Civilization VI. Kampung bisa didirikan di daerah perairan di wilayah kota yang bersebelahan dengan sumber daya laut. Kampung memberikan bonus poin Housing, Production, dan Food untuk setiap Fishing Boat yang bersebelahan dengannya.

Dan yang terakhir, Indonesia juga bisa membeli berbagai unit laut dengan potongan harga yang digantikan oleh poin Faith. Unit jenis Religious juga mempunyai ruang gerak tambahan, dan dapat bergerak bebas ketika berada di laut. Cara ini membuat Indonesia mudah dalam menyebarkan agama ke berbagai wilayah kepulauan.

[Baca juga: Ribuan Orang Indonesia Siap Tinggal di Luar Angkasa]

Karena sangat diuntungkan dengan kekuatan laut, maka Indonesia bisa menjadi faksi yang sangat kuat jika Anda bermain di peta yang didominasi oleh wilayah laut dan kepulauan. Asal tahu saja, kalau Indonesia jadi musuh Anda, maka sebaiknya siap-siap membuat pertahanan dari serangan laut apalagi kalau kotanya ada di tepi laut.

Harap diketahui, Indonesia dapat dimainkan kalau Anda memiliki DLC yang akan dirilis dalam waktu dekat. Faksi baru ini juga akan secara otomatis bisa Anda dapatkan kalau membeli versi Deluxe Edition.[NC/HBS]

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI