Menkominfo Minta INA 4.0 Lebih Banyak Jaring Developer

Telset.id, Jakarta – Samsung baru saja menyelesailan rangkaian Indonesia Next Apps (INA) 4.0. Acara itu merupakan ajang pertarungan bagi para developer untuk memperebutkan posisi teratas di empat kategori dan satu kategori khusus dari industri.

Ajang tahunan yang telah diselenggarakan empat kali itu berhasil menjaring 1.600 developer lokal. Sayangnya, hanya 8 kota saja yang disambangi INA 4.0, yakni Semarang, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Jakarta, Bandung, Medan dan Makassar.

Melihat hal tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara mengatakan ke depan harus diperbanyak lagi kota-kota di Indonesia yang disambangi INA 4.0 untuk menjaring lebih banyak developer muda.

“1.600 developer untuk Singapura mungkin sudah banyak, tapi untuk Indonesia jumlah segitu (1600 developer) masih sedikit,” katanya di acara Indonesia Next Apps 4.0 di Jakarta, Senin (09/10/2017).

Sementara itu, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika, I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan bahwa nantinya aplikasi yang menang akan dihadirkan di smartphone Samsung.

“Nantinya aplikasi ini akan ada di smartphone buatan Samsung. Semoga mereka (para developer) bisa jadi pemain hingga ke tingkat global,” ucapnya.

Ada empat kategori yang dilombakan dalam Indonesia Next Apps 4.0, yakni Samsung SDK Challenge, VR Challenge, Tizen Smartphone Challenge, Tizen Wearable Challenge dan Industry Challenge.

Untuk kategori terakhir, terdapat empat sub kategori yakni perbankan dari Bank BRI, pelayanan publik dari PT Angkasa Pura II, tata kota dari Jakarta Smart City dan properti dari PT Sinarmas Land. Dari situ, telah disaring 16 developer yang berhasil menjadi pemenang dari lima kategori tadi. (FHP/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI