Smartphone Battle: Zenfone 4 Max Pro vs Galaxy J7 Pro

Telset.id – Banyaknya produk smartphone yang bertebaran di pasaran terkadang membuat  pembeli bingung dalam memilih smartphone yang cocok untuk mereka pakai. Hal ini dikarenakan satu perangkat dengan perangkat lainnya terkadang memiliki fitur-fitur yang berbeda di rentang harga yang sama.

Nah, pada kesempatan kali ini, tim Telset.id akan coba membantu Anda dalam memilih produk smartphone di kisaran Rp 3 juta-an. Kali ini, kami memilih dua smartphone yang baru diluncurkan ke pasaran dan kami anggap berkualitas di kelasnya, yakni Asus ZenFone 4 Max Pro VS Samsung Galaxy J7 Pro.

Nah, mau tahu apa saja keunggulan dan kedua perangkat ponsel pintar ini? Simak ulasan hasil tesnya berikut ini:

Desain

ASUS ZenFone 4 Max Pro vs Samsung Galaxy J7 Pro Desain
ASUS ZenFone 4 Max Pro vs Samsung Galaxy J7 Pro Desain

ZenFone 4 Max Pro dan Galaxy J7 Pro hadir dengan desain unibody berbahan metal dengan  bentuk yang mainstream untuk smartphone kekinian. Beratnya pun cukup ringan untuk smartphone dengan build quality yang sangat baik, yakni seberat 181 gram saja.

Sedangkan untuk dimensinya, ZenFone 4 Max Pro memiliki dimensi 154 x 76,9 x 8,9 mm. Sementara J7 Pro hadir dengan dimensi yang hampir sama, 152.4 x 74.7 x 7.9 mm. Saat di pegang, keduanya terasa nyaman dan kokoh saat di genggam. Akan tetapi, jika Anda memiliki tangan yang sering basah, J7 Pro akan terasa sedikit licin.

Di bagian sisi kanan Zenfone 4 Max Pro, terdapat tombol Power dan juga tombol Volume. Sedangkan untuk sisi kiri, hanya ditemukan slot hybrid SIM dan juga microSD. Di sisi lain, tombol power dan lubang speaker J7 Pro terdapat di sebelah kanan. Sedangkan di sebelah kiri terdapat slot kartu SIM dan microSD dan juga tombol volume.

Nah, untuk lubang audio 3,5mm, ZenFone terdapat di bagian atas. Sedangkan di bagian bawah hanya terdapat lubang speaker dan lubang mini USB saja. Sementara Samsung menempatkan lubang audio 3,5 mm serta lubang USB di bagian bawah J7 Pro. Sedangkan di bagian atas tidak terdapat apapun.

Seperti smartphone kelas Rp 3 juta-an lain, keduanya sudah memiliki beberapa fitur kekinian, salah satunya pemindai sidik jari yang terdapat di bagian depan bawah perangkat. Pemindai yang juga bertindak sebagai tombol home ini diapit dua tombol kapasitif di sebelah kiri dan kanannya.

Untuk waktu respon, keduanya memiliki respon yang baik saat membuka kunci dengan sidik jari. Hal ini sangat wajar mengingat harga dari kedua smartphone ini yang mendekati kategori premium.

Layar

ASUS ZenFone 4 Max Pro vs Samsung Galaxy J7 Pro Layar
ASUS ZenFone 4 Max Pro vs Samsung Galaxy J7 Pro Layar

Dengan dimensi yang nyaris sama, kedua smartphone ini hadir dengan bentang layar seluas 5,5 inci. Yang membedakan adalah, Samsung memilih menggunakan layar jenis Super AMOLED dengan resolusi layar Full HD 1080p. Sedangkan Asus lebih memilih untuk memakai layar IPS dengan resolusi HD 720p. Pemilihan resolusi ini kami anggap cukup, karena kebanyakan smartphone di kisaran harga ini masih banyak yang menggunakan resolusi tersebut.

ASUS ZenFone 4 Max Pro Video
ASUS ZenFone 4 Max Pro Video

Perbedaan hasil tampilan layar kedua smartphone ini memang terasa ada sedikit perbedaan kualitas, dengan Galaxt J7 Pro sedikit lebih unggul. Meski begitu, Anda tak perlu khawatir karena saat menggunakan ZenFone 4 Max Pro di luar ruangan, Anda masih bisa mendapatkan tampilan layar yang baik.

Samsung J7 Pro Video
Samsung J7 Pro Video

Oh iya, keduanya memiliki layar lengkung 2,5D di sekitaran layar. Keputusan ini kami anggap sebagai keputusan yang tepat, karena pengguna dapat menggunakan smartphone ini dengan nyaman, meskipun mereka mencoba mengusap layar dari bagian samping.

Audio

ASUS ZenFone 4 Max Pro vs Samsung Galaxy J7 Pro Music
ASUS ZenFone 4 Max Pro vs Samsung Galaxy J7 Pro Music

Kedua perangkat ini sama-sama memiliki kualitas speaker yang mumpuni. Di kubu Samsung, speaker yang terdapat di bagian kanan perangkat nampaknya memberikan dampak positif dan negatif sekaligus. Pasalnya, penempatan ini cukup sesuai jika kita menonton video secara landskap, tapi akan kurang baik jika berada di posisi portrait.

Samsung J7 Pro Desain Kanan
Samsung J7 Pro Desain Kanan

Sedangkan di kubu Asus, mereka dengan ‘pede’ (percaya diri) menempatkan dua lubang speaker di bagian bawah. Posisi ini pun memiliki keuntungan dan kekuarangan sendiri. Namun hal ini dapat ditutupi dengan kualitas suara yang dikeluarkan oleh smartphone ini sudah bagus.

ASUS ZenFone 4 Max Pro Desain Bawah
ASUS ZenFone 4 Max Pro Desain Bawah

Berbicara soal kualitas suara yang dihasilkan, keduanya memiliki hasil suara yang jernih. Saat kami mengetes kedua smartphone ini memainkan musik hingga volume maksimal, hasil suara yang dihasilkan tidak pecah dan sangat lantang untuk didengar.

Oh iya, untuk ZenFone 4 Max Pro, tersedia fitur Outdoor Mode. Fitur ini sengaja disematkan oleh Asus untuk pengguna yang ingin menyetel musik di luar ruangan. Pada saat kami mengaktifkan mode ini, suara yang dihasilkan ZenFone 4 Max Pro terdengar lebih lantang jika dibandingkan dengan J7 Pro.

NEXT >>

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI