Hands-on Xiaomi Mi A1: Android One yang Berkelas

Telset.id – Xiaomi telah meluncurkan smartphone Android One pertamanya, yakni Xiaomi Mi A1 di Indonesia. Smartphone seharga Rp 3.099.000 itu merupakan perangkat yang berjalan di platform Android One pertama bagi Xiaomi dan juga merupakan seri Mi pertama yang dirakit di Indonesia.

“Xiaomi Mi A1 adalah seri Mi pertama yang dirakit langsung di Indonesia,” kata Donovan Sung, Director of Product Management and Marketing Xiaomi Global, di acara peluncuran Xiaomi Mi A1 di Jakarta, Selasa (20/09/2017).

Tim Telset.id yang ikut hadir secara langsung dalam acara peluncuran Mi A1, berkesempatan mencoba langsung smartphone tersebut. Nah, ingin tahu seperti apa ulasan singkatnya? So, yuk ikuti hands-on Xiaomi Mi A1 berikut ini!

Desain

Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Xiaomi Mi A1 memiliki body berbahan dasar metal yang terlihat elegan dengan ukuran dimensi 155,4 x 75,8 x 7,3mm dengan berat hanya 165 gram saja.

Desain bagian depan Xiaomi Mi A1 mirip seperti smartphone mid-end Xiaomi lainnya yakni memiliki tiga tombol kapasitif di bawah layar. Namun yang jadi pembeda adalah, Xiaomi Mi A1 terlihat “lebih membulat” dan lebih kompak dibandingkan seri lain seperti Xiaomi Redmi Note 4, Redmi 4X, dan lainnya.

Di bagian depan smartphone ini terdapat layar berukuran 5,5 inch dengan resolusi Full HD yang sudah dilapisi oleh Corning Gorilla Glass. Bagian depan Mi A1 diperlengkap dengan adanya LED notifikasi, kamera depan dan sensor proximity yang ditempatkan tepat di sebelah kiri earpiece.

Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Di bagian belakangnya, ada kamera ganda dan juga LED Flash di pojok kiri atas bodyFrame kamera tersebut juga seolah dipercantik dengan adanya garis antena yang melengkung mengikuti kontur body tepat di atasnya.

Xiaomi menempatkan sensor sidik jari dengan desain yang membulat di sisi tengah belakang ponsel. Nah, untuk memberi identitas jika Xiaomi Mi A1 merupakan smartphone Android One, terdapat juga logo “Android One” di bagian bawah.

Sementara itu untuk sisi kanan, ada tombol Volume yang ditemani oleh tombol Power tepat di bawahnya. Sedangkan untuk sisi kiri, hanya ada slot kartu SIM yang digabung dengan slot microSD.

Pindah ke bagian bawah, Xiaomi Mi A1 memiliki desain bagian bawah yang berbeda dibanding smartphone Xiaomi mid-end lainnya. Terbukti dengan hanya ditempatkannya satu sisi lubang speaker saja di sebelah kanan, jack audio dan microphone di sebelah kiri, serta port USB-C di bagian tengah.

Sedangkan untuk bagian atas, hanya terdapat sensor infrared saja yang berguna untuk mengatur berbagai perangkat lain seperti TV, AC, radio, dan lainnya dengan bantuan Mi Remote.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI