Alat Ini Bikin Hidung Anda Jadi Pengatur Smartphone

Telset.id, Jakarta – Perkembangan teknologi selalu menghadirkan sesuatu yang baru dan terkadang unik. Seperti teknologi smartglass yang memungkinkan penggunanya untuk mengontrol smartphone hanya dengan menggunakan hidung.

Teknologi ini dikembangkan oleh sekelompok peneliti dari KAIST University asal Korea Selatan, University of St. Andrews dari Skotlandia, dan Georgia Tech dari Amerika. Mereka membuat prototype smartglass bernama “ItchyNose” yang memungkinkan penggunanya untuk mengontrol smartphone hanya dengan menggaruk atau mengusap hidung mereka.

Kemampuan yang unik namun cukup membuat penasaran ini bisa hadir karena para peneliti tersebut mengandalkan sensor electrooculography yang ditanamkan pada bingkai smartglass.

Sensor bernama EOG itu biasanya digunakan oleh pembuat film yang memanfaatkan teknologi CGI. Nantinya, sensor itu bisa menangkap gesekan atau gerakan yang ada di sekitar kulit pemakainya. ItchyNose nantinya mampu menggantikan pengontrolan lewat mata, kepala atau kontrol “aneh” lainnya.

Menurut salah satu penelitinya yakni Hui-Shyong Yeo, dengan hanya mengusap hidung, si pengguna tidak merasa canggung atau terkesan “aneh” ketika mengontrol smartphone lewat smartglass yang dikenakannya.

“Jika pesan penting masuk saat rapat bisnis, pengguna bisa memeriksanya dan mengabaikannya dengan cepat tanpa menarik perhatian,” katanya.

Ada beberapa gerakan untuk mengontrol smartphone lewat hidung, seperti mengusap secara halus, menggeseknya dari kiri ke kanan, dan gerakan lainnya yang tentu saja tidak menarik perhatian orang lain. Meski terlihat canggih, sayangnya perangkat unik ini masih belum diproduksi massal.

Menurut Yeo, para peneliti sedang menyesuaikan perilaku orang-orang dalam “mengusap hidung”, dan juga sedang melatih perangkatnya agar bisa mengenali berbagai gerakan serta usapan ke hidung. Well, kita nantikan perangkat canggih nan unik ini ya! (FHP/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI