Penjualan Android Gagal Lampaui iPhone di Q2 2017

Telset.id, Jakarta – Persaingan antara smartphone Android dan iPhone terus berkelanjutan. Kedua perangkat ini saling “sikut” satu sama lain dalam memperoleh penjualan terbanyak selama satu tahun.

Namun ternyata, Android harus mengalah kepada iPhone pada kuartal kedua (Q2) tahun 2017. Hal ini terkuak saat Blancco Technology Group merilis hasil penjualan smartphone bertajuk State of Mobile Device Performance and Health belum lama ini.

Mengutip dari laman Phone Arena, selama Q2 2017, satu dari setiap empat perangkat Android mengalami kegagalan di seluruh dunia. Hasil ini mengindikasikan Android mengalami presentase kegagalan dua kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan kegagalan penjualan iPhone yang berjumlah 12 persen di seluruh dunia.

[Baca juga: Apple Butuh 3 Tahun Kembangkan Chipset A11 Bionic]

Secara rinci, Samsung mencatat pangsa pasar sebesar 61 persen untuk penjualan perangkat smartphone Android, selama periode April hingga Juni jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Perangkat yang mengalami penurunan sendiri diantaranya adalah Galaxy S7 Edge, Galaxy S7, dan Galaxy S5 dengan penurunan sebesar 6 persen. Selanjutnya ada Galaxy S7 Active dan Galaxy Express Prime dengan tingkat penurunan penjualan sebesar 4 persen.

Alasan mengapa penjualan smartphone Android menurun adalah dikarenakan performa sebesar 25 persen, USB 11 persen, baterai 11 persen, sinyal 9 persen, dan layar 3 persen.

Di sisi Apple, iPhone 6 mengalami penurunan penjualan hingga 26 persen. Kemudian di susul oleh iPhone 6s dan iPhone 5s yang mengalami penurunan jumlah penjualan sekitar 11 persen.

[Baca juga: Alphabet Suntik Dana Rp 13 Triliun ke Lyft, Untuk Apa?]

Alasan pengguna tidak mau membeli produk-produk tersebut adalah dikarenakan perangkat yang cepat panas 11 persen, isu WiFi 9 persen, penerimaan sinyal buruk 6 persen, tidak adanya lubang headphone 5 persen, dan masalah dengan headset 4 persen.

Namun persaingan sengit akan kembali terjadi di kuartal ketiga dan keempat 2017. Hal ini dikarenakan baik Apple dan produsen Android lain telah meluncurkan produk teranyar mereka dengan segala keunggulan untuk menarik minat pengguna untuk membeli produk mereka. [NC/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI