Apple Sudah Lama Ingin Singkirkan Touch ID

Telset.id, Jakarta – Banyak yang mengejek kehadiran fitur Face ID di iPhone X, sebagai pengganti Touch ID. Karena selain dianggap telat, banyak yang mengatakan Apple sebenarnya ragu menghilangkan fitur Touch ID dari iPhone X. Namun tudingan ini dibantah oleh Apple.

Bagi para Apple fanboy, iPhone X merupakan smartphone paling revolusioner. Salah satu alasannya karena Apple berani menyingkirkan Touch ID dan memasang Face ID di perangkat tersebut. Meski begitu, tak sedikit juga yang mengkritik kehadiran Face ID di iPhone X.

Salah satu tudingan yang mengemuka adalah menyebut Apple sebenarnya ragu menghadirkan fitur tersebut. Rumornya, sempat terjadi perdebatan di internal perusahaan soal dihilangkannya Touch ID. Bahkan kabarnya, keputusan menghilangkan Touch ID diambil Apple beberapa saat sebelum seluruh tim di Apple menyetujui hasil akhir dari iPhone X.

[Baca juga: Pre-order Galaxy Note 8 Tembus 800 Ribu Unit]

Namun informasi tersebut dibantah oleh John Gruber, yang mengatakan dia mendapat informasi dari orang dalam Apple terkait hal ini. Menurut Gruber, bahwa Apple setidaknya sudah menginginkan fitur ini semenjak tahun lalu untuk ada di iPhone X sebagai fitur keamanan utama.

Memang kenyataannya Apple tetap memikirkan untuk menanam Touch ID di iPhone X sebagai rencana cadangan. Akan tetapi, dikarenakan pengembangan Face ID yang sangat baik, rencana ini pada akhirnya disingkirkan. Demikian seperti dikutip dari Ubergizmo.

[Baca juga: Samsung Kucurkan Rp 4 Triliun untuk Mobil Otonom]

Pihak Apple sendiri enggan berkomentar apakah fitur ini hanya eksklusif bagi iPhone X saja atau akan ada di perangkat iPhone lainnya. Selain itu, tidak diketahui juga apakah perangkat lain milik Apple, seperti iPad, MacBook, dan lainnya akan mendapatkan fitur ini. [NC/HBS]

SourceUbergizmo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI