Google Hapus Backup Akun Android yang Tidak Aktif?

Telset.id, Jakarta – Google dikabarkan tengah mengimplementasikan sistem baru bagi penyimpanan backup dari perangkat Android. Raksasa mesin pencarian itu akan menghapus backup akun Android jika akun yang bersangkutan tidak digunakan selama 2 bulan atau lebih.

Hal ini pertama kali ditemukan oleh salah satu pengguna Reddit — forum internet terkemuka di Amerika — dengan cara yang tidak sengaja. Pengguna tersebut mengaku kehilangan data backup perangkat Android-nya karena menggunakan smartphone dengan sistem operasi lain.

[Baca juga: 4G Ubah Gaya Hidup Masyarakat Indonesia]

“Tidak ada peringatan dari Google. Mereka baru saja menghapus data saya. Sepertinya ada tanggal kedaluwarsa di bagian bawah di Google Drive saya,” tulis si pengguna Reddit, seperti dikutip dari laman Ubergizmo.

Pengguna yang tidak diketahui namanya tersebut mengaku kecewa dengan apa yang dilakukan Google. Dia memperingatkan pengguna lain untuk mengecek backup smartphone Android jika tidak ingin kejadian ini menimpa mereka juga.

“Bahkan saya tidak bisa menyimpannya di akun Google Drive berbayar milik saya,” lanjutnya.

[Baca juga: 5 Teknologi Lawas yang Baru Ada di iPhone X]

Pihak Google hingga saat ini masih belum mengungkapkan alasannya terkait hal ini. Belum ada pemberitahuan resmi apakah hal ini terkait dengan efisiensi penyimpanan mereka, atau hanya ingin para pengguna tetap memakai ponsel dengan sistem operasi Android.

Yang pasti, jika Anda memiliki akun Google yang memiliki backup data dari ponsel Android, maka secepatnya aktifkan kembali smartphone Android agar data tidak terhapus. [NC/HBS]

SourceUbergizmo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI