5 Juta Serangan Malware Eksploitasi di Q2 2017

Telset.id, Jakarta – Eksploitasi yang aktif dan berkeliaran bebas di dunia maya kini menjadi sorotan utama dari ancaman siber pada Q2 2017. Hanya dalam waktu 3 bulan, solusi Kaspersky Lab berhasil memblokir lebih dari lima juta serangan yang melibatkan eksploitasi dari arsip yang bocor di web.

Eksploitasi adalah sejenis malware yang menggunakan bug di perangkat lunak untuk menginfeksi perangkat dengan kode berbahaya tambahan seperti trojan perbankan, ransomware atau malware untuk spionase siber.

Serangan yang dilakukan dengan bantuan eksploitasi termasuk yang paling efektif karena pada umumnya tidak memerlukan interaksi pengguna, dan mereka dapat mengirimkan kode berbahaya tanpa rasa curiga apapun dari pengguna.

Oleh karena itu alat semacam itu banyak digunakan, oleh penjahat siber yang berusaha untuk mencuri uang dari pengguna dan perusahaan swasta, dan dalam serangan ditargetkan yang canggih untuk mencari informasi sensitif.

Kuartal kedua di tahun 2017 mengalami gelombang besar kerentanan, yang beredar secara bebas, ini karena sejumlah eksploitasi telah bocor di web. Hal ini menyebabkan perubahan signifikan dalam lanskap ancaman siber. Hal ini ditandai oleh aksi yang dilakukan oleh kelompok hacker Shadow Broker yang mempublikasikan arsip “Lost in Translation”, yang berisi sejumlah besar eksploitasi untuk berbagai versi Windows.

Terlepas dari kenyataan bahwa sebagian besar kerentanan ini sudah terprediksi sebelumnya dan sudah diamankan oleh Microsoft sebulan sebelum kejadian kebocoran, publikasi tersebut tetap menyebabkan konsekuensi yang cukup merugikan. Jumlah rata-rata serangan per hari juga terus meningkat, sebanyak 82% serangan terdeteksi dalam 30 hari terakhir di kuartal ini.

Kerusakan yang ditimbulkan oleh malware yang menggunakan eksploitasi dari arsip tersebut serta jumlah pengguna yang terinfeksi tidak terhitung lagi jumlahnya – dengan wabah global ExPetr dan WannaCry menjadi contoh yang paling menonjol.

Contoh lainnya adalah kerentanan CVE-2017-0199 di Microsoft Office, yang ditemukan pada awal April. Terlepas dari fakta bahwa itu sudah diamankan pada bulan yang sama, jumlah pengguna yang terkena serangan tersebut mencapai puncaknya sebanyak 1,5 juta. Secara keseluruhan, 71% serangan terhadap pengguna ini memanfaatkan kerentanan CVE-2017-0199.

“Lanskap ancaman Q2 kembali menjadi peringatan bahwa kurangnya kewaspadaan adalah salah satu bahaya siber paling signifikan. Sementara vendor menambal kerentanan secara teratur, tetapi masih saja banyak pengguna yang tidak memperhatikan hal ini, sehingga mengakibatkan serangan berskala besar begitu rentan terkena komunitas kerjahatan siber yang luas,” ungkap Alexander Liskin, ahli keamanan di Kaspersky Lab. (MS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI