Lagi, Ditemukan Bug di Android Oreo

Telset.id, Jakarta – Tiada gading yang tak retak. Itulah kata yang tepat bagi sistem operasi terbaru milik Google, Android 8.0 Oreo. Setelah diketahui terdapat bug di bagian Bluetooth, kali ini sebuah bug kembali ditemukan.

Para pengguna mengeluhkan bahwa paket data di perangkat mereka dengan cepat terkuras habis. Padalah mereka mengaku bahwa ponsel mereka selalu terhubung ke jaringan WiFi.

[Baca Juga: Jadi Atlet eSport, Bocah Ini Digaji Rp 2 Miliar]

“Setelah memperbarui ke Oreo tadi malam, saya menerima lonjakan penggunaan data yang besar, meskipun terhubung ke WiFi,” ujar salah satu pengguna Android O, seperti dikutip dari laman Ubergizmo.

Setelah ditelusuri, ternyata ada masalah terhadap pemberian izin akses penggunaan WiFi diatas paket data dalam sistem operasi tersebut. Sontak saja, meskipun sudah terhubung dengan WiFi, OS tetap membaca paket data merupakan sumber yang lebih terpercaya untuk terhubung ke internet.

Untung saja pihak Googe dengan cepat sudah mendeteksi adanya kesalahan sistem WiFi tersebut. Mereka mengatakan kini tengah mencari sumber kesalahan dan segera memperbaikinya.

Jika diingat kembali, kasus ini juga pernah terjadi pada iPhone saat pertama kali memperkenalkan fitur bernama WiFi Assist. Para pengguna iPhone pada kala itu menuntut Apple karena biaya tagihan paket data yang datang kepadanya hingga berjumlah ribuan dolar Amerika.

[Baca juga: Ternyata, iPhone Milik Donald Trump Tidak Ada Browser]

Ini dikarenakan fitur WiFi Assist tersebut akan memilih antara jaringan WiFi atau paket data saat pengguna menjelajah internet. Jika fitur tersebut membaca bahwa kecepatan internet paket data lebih baik dari WiFi, maka secara otomatis penggunaan data akan di alihkan ke paket data tanpa pemberitahuan ke pelanggan.

Untuk sementara ini, pihak Google menyarankan kepada pengguna Android O untuk mematikan paket data mereka saat terhubung ke WiFi. [NC/HBS]

SourceUbergizmo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI