Google Diam-diam Ujicoba Android P di Google Pixel

Telset.id, Jakarta – Setelah meluncurkan pembaruan Android 8.0 Oreo beberapa waktu lalu, Google ternyata langsung bergerak cepat untuk mengembangkan penerusnya, yakni Android 9.0 P.

Dilansir dari XDA Developers, Google sepertinya sedang melakukan tahap uji coba untuk Android P. Hal itu terungkap dari adanya tag baru di Android Open Source Project (AOSP) bernama master-p yang menunjukkan jika Android 9.0 P sedang diuji di perangkat Google Pixel (Sailfish) dan juga Google Pixel X (marlin).

[Baca Juga: Begini Cara untuk Dapatkan Android 8.0 Oreo]

Kepastian nama “P” dari penerus Android Oreo ini muncul pada bagian TARGET_PLATFORM_VERSION=PPR1 yang hampir mirip seperti versi platform dari Android Oreo yakni OPR1 yang mengikuti aturan konvensi penomoran sistem operasi Google yang terbaru dan juga pada PLATFORM_VERSION_CODENAME=P.

Selain munculnya Android P di situs AOSP, muncul juga kemungkinan tidak akan hadirnya versi maintenance dari Android Oreo seperit misalnya Android 8.1 Oreo. Hal itu terlihat dengan komentar salah satu teknisi Google yang menyebutkan, “Tidak yakin apakah OMR1 dibutuhkan,”.

[Baca Juga: Begini Cara Jalankan Android O di Smartphone Android]

Namun ini masih berstatus spekulasi saja karena versi Androi dNougat saja memiliki versi maintenance-nya yakni Android Nougat MR1 atau bisa disebut dengan Android 7.1 Nougat.

Android P sendiri akan menjadi pembaruan atau suksesor dari Android 8.0 Oreo. Masih belum ada kabar kapan Android P akan segera dirilis, namun kabarnya Juli atau Agustus tahun depan, Google akan segera memperkenalkannya. (FHP/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI