IDC: Huawei akan Salip Apple di Kuartal Tiga

Telset.id, Jakarta – Persaingan pasar smartphone semakin memanas. Menurut data yang baru dikeluarkan lembaga survei pasar International Data Corporation (IDC), posisi Apple sebagai vendor dengan pengapal nomor dua tertinggi di dunia akan digantikan oleh Huawei.

Mengutip dari laman Digitimes, hal ini akan terjadi pada akhir kuartal ketiga 2017. Perkiraan ini muncul setelah analis melakukan pengamatan data yang dikeluarkan IDC untuk kuartal kedua 2017.

Pada data tersebut menunjukkan Apple berada di posisi kedua dengan jumlah pengapalan smartphone sebanyak 41 juta unit ke seluruh dunia. Dengan jumlah ini, Apple berhasil menguasai 12 persen pasar ponsel seluruh dunia.

Sedangkan Huawei pada kuartal yang sama berhasil mengapalkan 38,5 juta perangkat dengan menguasai 11,3 persen pasar dunia. Pengapalan ini naik drastis jika dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun 2016.

Pertumbuhan penjualan tertinggi Huawei tercatat ada di beberapa pasar dunia. Misalnya saja di pasar Tiongkok mereka berhasil meningkatkan pengapalan hingga 22,6 persen per tahun. Sedangkan Apple di pasar dan waktu yang sama harus kehilangan 7,6 persen.

Di tempat lain, seperti di pasar Asia Tenggara, Jepang, dan Korea terdapat tren yang sama. Huawei berhasil menaikkan pengapalan hingga 45 persen pertahun nya, sedangkan Apple harus merasakan penambahan yang kurang baik, bahkan juga mengalami penurunan penjualan.

Sebagai informasi, Huawei sebelumnya pernah sesumbar untuk dapat mengalahkan jumlah pengapalan Apple dan Samsung pada 2021. Namun, melihat fakta ini, mungkin saja hal tersebut bisa terjadi dalam waktu dekat ini. [NC/HBS]

SourceDigitimes

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI