Waspada! Ini Ciri Anda Ketagihan Media Sosial

Ilustrasi

Telset.id, Jakarta – Media sosial telah menjadi layanan yang paling sering dipakai oleh pengguna internet. Bahkan saking seringnya, penggunaan media sosial yang berlebihan dapat merusak mental, terutama pengguna remaja.

Salah satu contoh negatif ketagihan media sosial akan membuat remaja menjadi cenderung melakukan kegiatan bully di internet. Bahkan menurut sebuah survei, Instagram menjadi salah satu media sosial yang paling banyak dipakai sebagai cyber bulliying.

[Baca juga : Duh! Instagram Jadi Pilihan Favorit Pelaku Cyberbully]

Nah, apakah Anda atau anak Anda sudah masuk kategori kecanduan media sosial? Berikut ini 3 tanda umum seseorang kecanduan media sosial, seperti yang tim Telset.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

1. Selalu Melihat Ponsel Pintar

Tanda umum pertama adalah selalu melihat ponsel pintar dalam keadaan apapun. Mulai dari bangun tidur, di sela-sela aktifitas, bersama kerabat dan keluarga, bahkan menjelang tidur pun tak dapat lepas dari ponsel pintar.

Kegiatan yang dilakukan pun terbilang sama, yakni sekedar melihat update status di media sosial, melakukan retweet, dan kegiatan lainnya tidak lepas dari mata mereka.

2. Update status adalah keharusan

Selalu memanfaatkan waktu ulang untuk memperbaharui status adalah tanda umum kedua seseorang telah ketagihan media sosial. Bahkan di saat apapun, bahkan selagi bersama orang yang tercinta pun mereka tetap melakukan update status.

Selain itu, orang yang kerap menyukai konten yang mereka unggah sendiri juga termasuk contoh orang yang kecanduan media sosial. Hal yang sama juga berlaku jika seseorang melakukannya di media sosial lain seperti Instagram dan Twitter.

3. Semuanya dilakukan di Media Sosial

Ciri terakhir ini adalah ciri yang paling menandakan seseorang sangat kecanduan media sosial. Yaitu, mereka melakukan apapun melalui media sosial, seperti menyapa teman kantor di Twitter padahal dia ada tepat di depan Anda.

Selain itu, saat ada acara ulang tahun, bukannya mengucapkan selamat secara langsung, mereka lebih memilih untuk mengucapkannya melalui foto di Facebook. Jika Anda termasuk salah satunya, maka sebaiknya berhenti melakukan hal tersebut.[NC/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here