Samsung akan Produksi Chipset A12 untuk iPhone?

Telset.id, Jakarta – Meski menjadi pesaing utama, bukan berarti Apple dan Samsung tidak bisa “bergandengan tangan”. Terbukti, sebuah laporan menyebutkan bahwa Samsung telah menandatangani kesepakatan dengan Apple untuk membuat chipset A12 dengan teknologi 7nm untuk iPhone pada tahun depan.

Kesepakatan kerjasama dengan Apple ini akan menjadikan Samsung untuk pertama kalinya kembali membuat SoC untuk iPhone, setelah kehilangan kesepakatan tersebut pada tahun 2013 oleh pesaingnya asal Taiwan, TSMC.

Seperti dilaporkan The Investor, Samsung akan memulai memproduksi chipset A12 dengan desain 7 nm yang jelas lebih kecil, hemat daya dan hebat dibandingkan seri chip A terdahulu.

Kesepakatan ini terungkap setelah VP Samsung untuk Devisi Chip dan Memori LSI, Kwon Oh-hyun, mengunjungi kantor pusat Apple pada bulan lalu untuk bertemu dengan pejabat tingkat tinggi perusahaan tersebut.

Untuk bisa mendapatkan kepercayaan dari Apple, Samsung dikabarkan telah membeli mesin UV yang merupakan peralatan paling canggih dengan teknologi 7nm untuk memproduksi chipset. Tidak itu saja Apple juga dikabarkan memesan display OLED yang diproduksi oleh Samsung .

Kesepakatan kerjasama ini tentu menjadi angin segar bagi Samsung, karena bisa semakin menambah pundi-pundi pendapatannya. Samsung sendiri hingga kuartal lalu telah mengungguli Apple dalam hal keuntungan perusahaan, berkat kinerja yang kuat di segmen chipset, display, memori, dan smartphone.

Jika kesepakatan antara Apple dan Samsung ini benar-benar menjadi kenyataan, maka tentu saja akan menghasilkan lebih banyak keuntungan bagi Samsung pada tahun depan. (MS/HBS)

Sourcesammobile

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI