Implan Otak Seukuran Kuku Bisa Kembalikan Penglihatan yang Hilang

FlatScope

Telset.id, Jakarta – Teknologi di bidang kedokteran semakin berkembang. Jika biasanya pasien yang tidak bisa melihat diharuskan melakukan transplantasi, sekarang para ilmuwan berhasil menemukan teknologi yang memungkinkan pasien bisa melihat tanpa harus melakukan transplantasi.

Dikutip dari Ubergizmo, para ilmuwan dari Rice University telah menemukan alat yang membantu penderita gangguan penglihatan dan juga gangguan sensorik lainnya lewat metode implan otak.

[Baca juga: Hati-hati! Otak Manusia Juga Bisa Diretas Hacker]

Alat bernama FlatScope tersebut nantinya dapat memantau dan mampu mengirimkan data audiovisual ke otak, sehingga mampu memperbaiki indera yang mungkin terganggu ataupun rusak, sebut saja seperti indera penglihatan dan juga pendengaran.

FlatScope sendiri merupakan upaya dari program Neural Engineering System Design (NESD) yang merupakan salah satu dari program Defense Advanced Research Project Agency yang diharapkan mampu membantu penderita gangguan penglihatan atau pendengaran dengan memberikan informasi digital secara langsung ke bagian otak yang dapat mengolahnya.

[Baca juga: Gokil, Kali Ini DARPA Ingin Meretas Otak Manusia]

“Kita bisa membuat prosesor yang sangat padat dengan miliaran elemen pada sebuah chip untuk smartphone. Jadi mengapa tidak menerapkan kemajuan ini untuk neural interfaces?” ucap Jacob Robinson, salah satu engineer halaman resmi Rice University dari Rice University seperti dikutip dari , Senin (17/07/2017).

FlatScope sendiri hingga kini masih dalam tahap pengembangan dan kemungkinan alat implan tersebut akan tersedia sebagai terobosan baru di bidang kesehatan. (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here