Tips Kurangi Efek “Blue Light” di Komputer Anda

menggunakan komputer
Ilustrasi

Telset.id, Jakarta – Efek blue light yang ada di layar setiap perangkat elektronik yang kita pakai sehari-hari memiliki efek negatif bagi tubuh. Mata yang terpapar oleh sinar tersebut membuat kadar melatonin — hormon yang membuat kita mengantuk — di dalam tubuh menurun.

Hal ini menyebabkan kita mengalami sulit tidur di malam hari. Padahal, jika tubuh kita kekurangan tidur, berbagai penyakit mulai dari diabetes, penyakit jantung, hingga efek negatif lainnya bagi kehidupan sehari-hari.

Salah satu cara mengatasi hal ini adalah dengan mengurangi intensitas cahaya biru yang keluar dari layar komputer atau laptop Anda. Seperti tim Telset.id rangkum dari laman Digital Trends, cara untuk mengatur intensitas cahaya di laptop atau komputer sangat mudah, terlebih lagi jika Anda pengguna Windows 10.

Pihak Microsoft sendiri sudah menanamkan kemampuan tersebut di sistem operasi Windows 10. Anda hanya harus mencari fitur ‘Night Light’ di komputer atau laptop Anda

night light
night light (telset.id | nur chandra)

Setelah terbuka, akan terlihat tombol untuk menyalakan dan mematikan fitur tersebut, lalu nyalakan. Setelah itu, klik ‘Night light setting’ untuk melakukan pengaturan.

night light
night light (telset.id | nur chandra)

Setelah terbuka, Anda akan melihat sebuah slider di yang mengatur tingkat intensitas warna layar. Gerakkan slider ke kiri dan ke kanan hingga Anda menemukan tingkat warna yang pas.

night light
night light

Jangan lupa untuk mengatur jam kapan sistem operasi akan melakukan perubahan warna layar secara otomatis. Anda juga dapat mengatur fitur otomatis ini selama seharian, jika Anda bekerja secara terus menerus di depan layar seharian.

Nah, bagaimana? Mudah bukan? [NC]

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here