Aplikasi Ini Bisa Bantu Tuna Netra ‘Melihat’

seeing ai
seeing ai

Telset.id, Jakarta – Microsoft meluncurkan sebuah aplikasi untuk membantu para tuna netra untuk bisa ‘melihat’ dunia. Microsoft menggunakan perangkat bantuan, yang kali ini menggunakan perangkat iPhone, untuk menjalankan aplikasi yang bernama Seeing AI.

Perusahaan software asal Amerika tersebut sebelumnya telah memamerkan aplikasi ini pada acara yang bertajuk Build pada Maret lalu. Namun mulai beberapa waktu lalu, aplikasi ini sudah bisa diunduh pengguna iOS di Amerika,

Cara kerja dari aplikasi ini sangatlah kompleks. Dengan bantuan kamera dan jaringan neural yang ada di daerah Silicon Valley, keajaiban ini dapat dibawa oleh Microsoft ke dunia nyata.

Aplikasi ini dapat mendeteksi apa yang ada di depan kamera, mulai dari mendeteksi muka dan ekspresi yang dibuatnya dan diterjemahkan kedalam bentuk percakapan. Selain itu, Seeing AI ini juga dapat melakukan pemindaian barcode, hingga membaca teks yang cukup kompleks.

Kepintaran AI yang ada di dalam aplikasi tersebut tidak berhenti sampai di situ saja. Saqib Shaikh, pemimpin pengembangan teknologi Seeing AI mengatakan bahwa AI yang ada di aplikasi tersebut juga dapat menuntun pengguna, bahkan memberikan saran untuk melihat ke kiri atau ke kanan.

“Salah satu hal yang ingin kita lakukan adalah pengenalan wajah pada perangkat, dan kita telah melakukannya. Dalam beberapa milidetik Anda akan mendengar hasilnya. Ini semua tentang kecepatan, dan kami mencoba melakukan yang terbaik,” ujar Saqib, seperti tim Telset.id kutip dari laman The Verge.

Namun sayang, pihak Microsoft masih belum tahu apakah aplikasi ini akan merambah ke perangkat Android dan dapat dipakai di seluruh dunia. Tentu saja, aplikasi ini akan sangat membantu tuna netra yang ada di seluruh dunia agar dapat melihat dunia, meski sebatas mendengarnya melalui kata-kata. [NC/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here