Demi Wi-Fi Gratis, 22.000 Orang “Rela” Bersihkan WC

Telset.id, Jakarta – Saat masuk ke Wi-Fi publik, biasanya orang sangat jarang membaca halaman “Syarat dan Ketentuan”. Karena selain panjang, isinya juga sangat membosankan. Tapi sebaiknya Anda bisa lebih waspada soal isi halaman Syarat dan Ketentuan, jika tidak ingin disuruh membersihkan WC. Lho, kenapa?

Mungkin sebaiknya mulai sekarang Anda sempatkan membaca halaman Syarat dan Ketentuan atau Terms and Conditions terlebih dahulu saat ingin mendaftar atau mengunduh sesuatu. Karena jika tidak, Anda mungkin saja bisa bernasib sama dengan 22.000 orang ini yang tak sengaja atau tanpa sadar “mendaftar sebagai “relawan” dalam kegiatan 1.000 jam layanan masyarakat, dengan imbalan Wi-Fi gratis.

Adalah penyedia Wi-Fi publik Purple yang menambahkan sesuatu yang terbilang jahil di dalam halaman Terms and Conditions mereka yang sebenarnya berisi persetujuan jika mereka bersedia untuk melakukan pelayanan masyarakat selama 1.000 jam seperti membersihkan WC, membersihkan taman dari kotoran hewan, dan lainnya.

[Baca Juga: 7 Produk Teknologi “Aneh” yang Hadir di CES 2017]

Namun tidak serta merta provider Wi-Fi publik itu mengerjai para pelanggannya, karena menurut CEO Purple, Gavin Wheeldon, hal tersebut sebenarnya dilakukan untuk menyadarkan masyarakat akan perlunya membawa syarat dan ketentuan berlaku ketika mereka mendaftar sesuatu atau ingin mengakses jaringan publik.

[Baca juga: Ini 5 Guyonan iPhone Paling Konyol]

“Pengguna Wi-Fi perlu membaca persyaratan saat mereka mendaftar untuk mengakses jaringan. Apa yang mereka setujui, berapa banyak data yang mereka bagikan, dan lisensi apa yang mereka berikan kepada provider? Percobaan ini menunjukkan terlalu mudah untuk menyetujui sesuatu yang tidak adil,” jelasnya seperti dikutip dari Mashable, Jumat (14/07/2017).

Uniknya, dari 2 minggu prank yang dilakukan, hanya satu orang yang memeriksa halaman persyaratan dan selamat dari pekerjaan 1.000 jam layanan masyarakat. Ayo, lebih baik baca halaman persyaratan sebelum mendaftar sesuatu ya! (FHP/HBS)

SourceMashable

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI