Generasi Milenial Lebih Suka Belanja Online, Kenapa?

Telset.id, Jakarta – Tahun ini, kegiatan belanja online menjadi pilihan masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan di Ramadan dan Idul Fitri. Anak muda atau bahasa “kekiniannya” sering disebut generasi milenial menjadi konsumen terbesar yang paling suka belanja online.

Hal tersebut dibuktikan melalui hasil riset dari JakPat kepada 1.000 responden mengenai perilaku belanja online selama bulan Ramadan hingga Idul Fitri yang mengalami kenaikan cukup signifikan. Sebanyak 65% responden mengaku berbelanja online 1 hingga 2 kali selama Ramadan.

Dari angka ini, generasi millenial (18 tahun hingga 35 tahun), khususnya kelas menengah, adalah kalangan terbesar yang menyumbang angka tertinggi dalam berbelanja online.

Seperti yang dilansir we are social, penetrasi internet global kini telah melampaui 50% sama dengan 3,77 Milyar pengguna internet pada tahun 2017. Tingginya pertumbuhan pengguna Internet di Indonesia juga menjadi salah satu penyebab adanya perubahan perilaku berbelanja masyarakat yang kini cenderung lebih memilih berbelanja online.

Perubahan perilaku ini didukung juga oleh banyaknya sejumlah kemudahan yang ditawarkan oleh marketplace. Selain memiliki harga yang kompetitif, belanja online di platform marketplace juga menawarkan banyak kemudahan dan kepraktisan.

Sebagai satu – satunya e-commerce BUMN, Blanja.com juga mengalami dampak positif euphoria Ramadan dan libur Idul Fitri. Kenaikan traffic yang signifikan hingga 98% dari pada bulan sebelumnya dan berbelanja melalui aplikasi (mobile apps) berada di urutan tertinggi.

“Semenjak Blanja.com bertransformasi melakukan perubahan besar, termasuk logo & look and feel bulan Maret lalu, kami mulai tancap gas dan lebih agresif lagi tentu saja dengan perhitungan yang matang. Strategi yang kami jalankan memberikan dampak positif terhadap tren transaksi yang meningkat hingga 400%” ujar CEO Blanja.com Aulia E Marinto.

“Adapun untuk kategori barang yang paling banyak dicari dan dibeli selama Ramadan hingga Lebaran adalah produk gadget, pakaian, dan juga peralatan rumah tangga yang mana produk ini digunakan untuk menunjang perayaan Idul Fitri.” tambah Head of Marketing Blanja.com, Faiz Fashridjal.

Di sisi lain, Faiz Fashridjal selaku Head of Marketing Blanja.com juga mengaku sudah merencanakan strategi yang tidak kalah menarik untuk tetap mempertahankan performance dan traffic Blanja.com di bulan Juli.

Mengusung campaign#JulyJoy “Keseruan Tanpa Batas Untuk Jalani Rutinitas”, Blanja.com mengajak masyarakat untuk tetap semangat meski harus kembali menjalani rutinitas lewat beragam diskon produk serta penawaran istimewa dari brand dan partner. (MS/HBS)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI