Siapa yang Menentukan Kehebatan Sebuah Smartphone? (Bagian 2)  

Fitur Lain

Di dalam SoC masih terdapat chip lain yang “mengatur” seberapa baiknya kualitas smartphone kita bisa didapat.

1. Audio

Untuk bisa didengarkan baik melalui speaker maupun earphone, sinyal digital perlu diubah menjadi analog, untuk itu dibutuhkan chip DAC (Digital Audio Converter). Chip ini yang bisa menentukan seberapa baik kualitas suara yang dihasilkan.

Biasanya chip audio ini merupakan chip terpisah, tetapi pada SoC Qualcomm terbaru, chip ini sudah tersedia dalam SoC dan dinamakan Aqstic. Galaxy S8 versi Snapdragon menggunakan chip audio ini, sedangkan LG G6 memilih menggunakan chip audio terpisah.

 

Hasil gambar untuk Aqstic

Chip audio dalam SoC juga menentukan kemampuan aptX audio, dimana audio yang dikirimkan via bluetooth baik ke wireless headphone atau speaker, -karena keterbatasan kecepatan transfer bluetooth– hanya bisa mengantarkan format audio standar, sekarang bisa mengantarkan audio berkualitas lebih tinggi atau high resolution audio.

2. Bluetooth 5.0

SoC juga menntukan versi koneksi bluetooth yang bisa kita gunakan. Ketika SoC sudah mendukung BT versi 5.0, maka transfer audio bisa dilakukan bukan hanya kepada satu penerima saja, tetapi bisa ke dua penerima yang berbeda, misalkan dalam waktu bersamaan mengantarkan lagu ke wireless headphone dan ke speaker bluetooth. BT 5.0 juga memiliki jarak jangkauan yang lebih jauh dan pita yang lebih lebar.

3. NFC

Near Field Communication atau NFC semakin luas digunakan sekarang, terutama untuk contactless payment. Beberapa peralatan bluetooth menggunakan bantuan NFC untuk sync dengan cepat tanpa harus melakukan pairing bluetooth. Cukup hanya mendekatkan kedua device untuk otomatis saling mengenali dan melakukan pairing. NFC juga memudahkan pemindahan data antara dua device.

4. Storage

Keberadaan SoC menentukan tipe RAM yang bisa digunakan smartphone, SoC lama kemungkinan besar belum mendukung storage dengan tipe baru seperti UFS 2.0 atau 2.1 dengan kecepatan yang lebih tinggi seperti yang sudah di support Snapdragon 835. SoC juga menentukan seberapa tinggi tipe memory card bisa kita gunakan sesuai kecepatan baca dan tulisnya. Saat ini SoC sudah mendukung SD 3.0 atau UHS-I.

5. Fast Charging

Semakin baik smartphone, semakin sering digunakan untuk berbagai macam keperluan. Akhirnya, ketahanan baterai yang menentukan seberapa lama smartphone bisa digunakan. Saat ini baterai kapasitas tinggi sudah umum digunakan smartphone. Selain memberikan waktu penggunaan yang lama, semakin tinggi kapasitas semakin lama waktu charging dibutuhkan untuk mengisi ulang baterai.

Fast Charging Galaxy S8

Tanpa fast charging rata-rata baterai berukuran besar membutuhkan waktu di atas 3 jam untuk penuh. Dengan kemampuan fast charging, baterai smartphone kapasitas tinggi bisa diisi dalam waktu 1 jam lebih.

Penutup

Setelah kita ikuti setiap bagian SoC, kita sekarang menyadari hampir semua bagian penting spesifikasi dan fitur smartphone sebenarnya diatur atau dipengaruhi oleh SoC. Oleh sebab itu setiap perusahaan atau brand smartphone baru yang mengikuti standar yang bisa dilakukan SoC, sudah bisa membangun smartphone dengan kemampuan sangat baik.

Sebenarnya bisa saja membangun smartphone dengan menggunakan banyak chip terpisah, tetapi sekarang ini selain merepotkan dan membutuhkan banyak ruang, SoC yang “komplit” menawarkan banyak kemudahan dan kelengkapan. Tinggal melengkapinya dengan komponen dan OS yang sesuai, maka smartphone pun jadi.

Tetapi ada banyak hal juga yang mempengaruhi tidak semua fitur dan kemampuan yang disediakan SoC berjalan pada smartphone. Sering kita temui pada smartphone yang menggunakan SoC yang sama, tetapi tidak semua kelengkapan fiturnya sama.

Ini bisa dipengaruhi oleh pengembangan OS-nya sendiri, atau bisa juga karena alasan ekonomis, seperti penambahan komponen lain yang berarti biaya ekstra, atau penggunaan fitur harus membayar paten tertentu kepada pengembang SoC.

Pengembangan SoC juga bukan berjalan sendiri, para pembuat SoC juga harus berkolaborasi dengan banyak pihak, misalnya pembuat OS seperti Google, dan dengan para vendor utama, untuk sama-sama mendapat masukan membuat smartphone yang optimal dengan SoC tersebut.

Jadi sebenarnya, walau SoC hanya disebut sedikit saat berbicara spesifikasi, dan lebih ditekankan dari segi kecepatan saja, sebenarnya hampir semua lini kemampuan smartphone ditentukan olehnya. [LS/HBS]

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI