Cek Kemampuan Identifikasi Hoax dengan Game Ini

Telset.id, Jakarta – Berita palsu atau hoax kini sedang marak terlihat di berbagai platform media sosial. Meskipun para pemilik platform sudah mencari cara untuk menekan penyebaran hoax, namun hingga kini penyebarannya masih sangat tinggi.

Melihat fakta tersebut, kemampuan orang dalam menjaring berita hoax di media sosial menjadi senjata utama yang bisa dipakai. Sayangnya, saat ini masih banyak orang yang belum bisa atau kurang cerdas dalam memilah berita palsu atau fakta.

Nah, apakah Anda tahu masuk ketagori yang mana? Apakah Anda sudah cukup cerdas menyaring berita asli atau hoax? Memang tidak ada parameter khusus untuk menilainya, tapi game yang dibuat seorang wartawan veteran bernama Maggie Farley ini mungkin bisa menggambarkan bagaimana wawasan Anda dalam menyaring berita palsu.

Seperti dilansir dari laman Ubergizmo, games bernama ‘Factitious’ ini dirancang khusus untuk dapat mengukur kemampuan seseorang dalam mengidentifikasi berita hoax atau fakta.

Game hasil kerja sama dengan American University Game Lab ini memiliki gameplay yang mirip dengan aplikasi pencari jodoh Tinder. Pengguna bisa menyapu layar ke arah kiri jika menganggap berita yang ditampilkan adalah hoax. Sebaliknya, jika berita yang ditampilkan dianggap fakta, maka disapu ke ke kanan.

Untuk membantu menjawab pertanyaan yang diberikan, para pengguna akan diberi tombol bantuan khusus. Tombol khusus ini akan berfungsi untuk memberitahu pengguna dari mana asal berita tersebut.

Setelah menebak berita yang dilihat, pengguna bisa mengetahui apakah pilihan mereka benar atau salah. Setelah menjawab semua pertanyaan, nanti diakhir game pengguna akan dapat melihat skor akhirnya.

Nah, apakah tertarik untuk mengukur kemampuan Anda dalam menilai sebuah berita? Jika tertarik, silahkan klik tautan berikut ini untuk mengunjungi laman game Factitious. [NC/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI