Gandeng Xiaomi, Nokia akan Gunakan Chip Surge S1?

Telset.id, Jakarta – Xiaomi dan Nokia sepertinya semakin “akrab”. Kedua perusahaan ini dikabarkan telah melakukan pembicaraan serius untuk menjalin kemitraan. Beberapa spekulasi menyebutkan bahwa Xiaomi ingin menggunakan beberapa paten Nokia sehingga bisa menembus pasar luar negeri, seperti AS. Sementara Nokia tertarik menggunakan chip Surge S1 buatan Xiaomi

Namun belum ada pernyataan resmi mengenai hal itu. Seperti kemarin, ada sumber mengatakan kedua perusahaan telah menandatangani sebuah kemitraan dan akan mengungkapkan rinciannya dalam waktu dekat.

Kabar baiknya adalah kita tidak perlu menunggu untuk mencari tahu apa kemitraan itu. Karena pada halaman Weibo telah ditemukan sebuah postingan, yang mengungkapkan tentang apa yang dilakukan oleh Xiaomi dan juga Nokia.

[Baca juga : Helm Pemadam Kebakaran Kini Dilengkapi Teknologi AR]

Berdasarkan informasi yang bersumber dari orang dalam, dikatakan bahwa Nokia akan menggunakan prosesor Surge S1 pada ponsel mereka yang akan datang. Ponsel terbaru Nokia yang akan menggunakan chipset milik Xiaomi tersebut memang tidak diungkapkan. Tapi kemungkinan, handset itu merupakan ponsel kelas menengah, karena prosesor yang akan digunakan juga tergolong kelas menengah.

Seperti yang sudah diketahui bersama, bahwa Xiaomi telah meluncurkan chipset buatan mereka sendiri pada tahun ini, yang dikenal dengan nama Surge S1. Prosesor buatan Xiaomi itu, saat ini telah menyokong ponsel Xiaomi Mi 5c. Akan terlihat menyenangkan bila melihat prosesor itu, digunakan pada ponsel pintar dari pabrikan lain. Dalam hal ini, Nokia menjadi salah satu merek smartphone yang cukup ternama.

Surge S1 adalah prosesor octa-core dengan core Cortex A53 4 x yang clock 2.2GHz dan empat lainnya clock 1.4GHz. Ini adalah core hemat daya sehingga daya tahan baterai akan mengesankan. Di sisi lain untuk grafis dipercayakan ARM’s Mali-T860.

Hasil benchmark kinerja menunjukkan bahwa Surge S1 bahkan tampil lebih baik dari Qualcomm Snapdragon 625. (MS/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI