Ternyata Sebelum Facebook, Amazon Sudah Buat Media Sosial Sendiri

Telset.id, Jakarta – Sebelum Facebook lahir dan mendominasi jejaring sosial seperti sekarang ini, ternyata ada satu perusahaan teknologi yang lebih dulu berpikir jika jejaring sosial merupakan hal yang akan menjanjikan ke depannya.

Adalah Amazon yang lebih dulu berfokus untuk “mendominasi internet” sejak lama dengan mengakuisisi situs jejaring sosial bernama PlanetAll di tahun 1998 silam.

Mungkin Anda belum pernah mendengar situs jejaring sosial ini, namun sekedar informasi, PlanetAll merupakan media sosial yang lahir di tahun 90-an, jauh sebelum Facebook, Twitter, Instagram, dan media sosial lainnya lahir.

[Baca Juga: Bos Amazon Kebingungan ‘Habiskan’ Duitnya, Ada Saran?]

Saat mengakuisisi PlanetAll, Amazon memiliki tujuan awal yang hampir sama dengan Facebook atau media sosial lainnya, yakni menghubungkan teman dan keluarga lewat internet. Tapi sayang, akuisisi itu bukanlah satu hal yang “spesial” saat itu karena CEO Amazon, Jeff Bezos masih berpikiran untuk fokus ke bisnis ecommerce dibandingkan jejaring sosial.

“Portal adalah bisnis yang hebat, tapi itu tidak menjadi bisnis kami. Amazon selalu berfokus di ecommerce dan itu akan tetap menjadi fokus utama,” kata Bezos setelah pengumuman akuisisi tersebut, seperti dikutip dari Mashable, Minggu (02/07/2017).

[Baca Juga: Binky, ‘Simulasi’ Media Sosial untuk Para Anti Sosial]

Butuh waktu lama untuk Bezos dan timnya menyadari betapa pentingnya media sosial di masa depan. Sehingga mereka langsung mengajukan permohonan hak paten untuk sistem jejaring sosial di tahun 2008 silam. Tapi sayangnya, mereka telah terlambat karena saat itu media sosial mulai “merintis karirnya”.

PlanetAll sendiri saat itu boleh dibilang media sosial yang lengkap akan fitur. Sebut saja Smart Address Book yang merupakan fitur utamanya, Group, Interest, Horoscope, bahkan pengingat jadwal. [FHP/IF]

SourceMashable

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI