Kocak, Bule Amerika Ini Sangat Fasih Bicara Dialek Papua

Telset.id, Jakarta – Indonesia memiliki beragam budaya dan bahasa. Tapi agak disayangkan karena banyak orang Indonesia yang lebih bangga dengan budaya dan bahasa asing. Ironisnya, justru banyak orang asing atau biasa kita sebut bule, yang begitu mencintai budaya di Indonesia.

Salah satu bule yang kini sedang banyak diperbincangkan netizen adalah Dani Maxey. YouTuber asal Amerika Serikat ini membuat heboh para warganet karena sangat fasih berbahasa Indonesia dengan dialek Papua.

Dalam video yang diunggahnya di media sosial Instagram via akun @suku_dani, pria berambut gondrong ini menceritakan tentang alam dan budaya Bumi Cendrawasih itu dengan dialek Papua yang sangat kental. Tak hanyak itu, Maxey juga terlihat sudah sangat dekat dengan penduduk Papua.

Mungkin bagi Anda yang belum pernah ke Papua, agak sedikit bingung atau kurang mengerti dengan celotehan Maxey dalam videonya. Ciri khas dari logat orang-orang Papua yakni tempo kecepatan berbicara dan dialek khas yang digunakan dalam bahasa sehari-hari. Tak heran jika membuat banyak orang sulit berbicara dalam dialek Papua.

Bakar batu bikin abu naik

A post shared by Dani (@suku_dani) on

Hal inilah yang membuat netizen kaget melihat ada bule yang bisa sangat fasih berbicara dengan logat Papua. Selain menguasai bahasanya, Maxey juga sangat mencintai alam dan budaya Papua. Saking cintanya pada Papua, dia bahkan menyebut dirinya sebagai putra Papua. Dalam videonya, Maxey mengaku sangat ketergantungan dengan tradisi Papua.

“Saya tidak enak makan kalau tidak bisa bakar batu,” kata Maxey dengan logat Papua yang kental dalam salah satu videonya di akun @suku_dani. Dalam video itu, Maxey yang sedang berada di Amerika Serikat terlihat tengah membakar batu di api unggun sambil memasak makanannya.

Hingga kini masih belum jelas apakah Maxey memang lahir dan besar di Papua, atau dia memang serius belajar budaya dan bahasa Papua. Yang jelas, Maxey terlihat sudah sangat dekat dengan semua yang berbau Papua. Mulai dari bahasa, makanan, dan budayanya.

Ada satu hal menarik lainnya yang ditampilkan Maxey, yakni ketika dia mengajak kita untuk lebih peduli pada Papua. Maxey meminta kita untuk menjaga alam Papua yang indah, dan juga mau membantu persoalan penyebaran penyakit HIV AIDS dan malaria.

Jang main deng tong pu sunset di Papua

A post shared by Dani (@suku_dani) on

Hal itu patut diapresiasi, karena Maxey yang sejatinya orang asing justru mengingatkan kita sebagai orang asli Indonesia untuk lebih peduli kepada saudara-saudara kita di Papua yang masih minim fasilitas kesehatan dan pendidikan.

Video Maxey ini lagi viral di media sosial, baik di Facebook dan juga Instagram. Dari pantauan Telset.id, salah satu akun Facebook mengunggah lima video yang menampilkan sosok YouTuber asal Amerika ini berbicara dengan logat Papua. Postingan ini telah dibagikan sebanyak lebih dari 20 ribu kali dengan sekitar 200 komentar.

Anda bisa melihat beberapa video kocak Dani Maxey yang berbicara dengan dialek Papua dalam video di bawah ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Realme C3 Resmi Masuk Indonesia, Dibanderol Rp 1,6 Juta

Telset.id, Jakarta  – Realme resmi meluncurkan smartphone entry level realme C3 di Indonesia. realme C3. Smartphone entry level ini...

Charge Ponsel Saat Mandi, Remaja 15 Tahun Tewas Kesetrum

Telset.id, Jakarta - Mengisi daya ponsel terbukti tidak boleh dilakukan di sembarang tempat. Seorang perempuan berusia 15 tahun yang...

Cara Resize Ukuran Foto di Smartphone Tanpa Aplikasi

Telset.id - Smartphone masa kini sudah dibekali dengan resolusi kamera yang tinggi. Ini berimbas pada ukuran file dari foto yang...

Wow! Jutaan Burung Terdeteksi Migrasi dari Amerika Selatan

Telset.id, Jakarta - Sebuah radar cuaca di Florida Keys telah menangkap gambar proporsi Hitchcockian, yakni segerombolan besar burung yang...

Angkatan Laut AS Kembangkan Robot Belalang untuk Lacak Bom

Telset.id, Jakarta - Para ilmuwan telah mendapatkan guyuran dana dari Angkatan Laut Amerika Serikat (AS). Dana tersebut bakal digunakan...
- Advertisement -
X
X