10 Tips untuk Menghemat Baterai Laptop Windows 10

7. Nonaktifkan Program Start-up

Program start-up akan secara otomatis memulai aplikasi apapun ketika laptop dinyalakan. Program ini berjalan di background, memakan resource, dan sudah pasti menggerus konsumsi daya baterai.

Malah terkadang aplikasi yang Anda install akan secara otomatis menjadi program start-up, meskipun tidak diperlukan. Makanya, jika memang ada program tidak Anda butuhkan untuk berjalan otomatis di background, sebaiknya dinonaktifkan saja dari program start-up.

Untuk menonaktifkannya dengan cara klik kanan Start Menu > Task Manager > Startup > dan disable program yang tidak penting.

Yang perlu Anda ketahui, semakin sedikit program start-up yang berjalan, maka baterai laptop Windows 10 Anda akan bisa lebih tahan awet.

8. Mematikan Aplikasi di Background Apps

Tak cukup hanya mematikan program startup, karena Anda juga harus mematikan sejumlah aplikasi Background Apps. Caranya dengan membuka menu Settings > Privacy > Background Apps, lalu matikan background apps yang tidak pernah digunakan.

Ada beberapa contoh aplikasi background yang jarang digunakan, seperti Groove Music, Get Office, Weather, dan Xbox, dll. Aplikasi-aplikasi jika memang tidak pernah menggunakannya. Semakin banyak aplikasi background yang Anda nonaktifkan, maka baterai laptop bisa semakin irit.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI