Google Tak Lagi “Intip” Isi Gmail Pengguna

Telset.id, Jakarta – Sudah rahasia umum jika Google sebenarnya kerap “mengintip” akun penggunanya untuk keperluan iklan, termasuk isi Gmail pengguna. Namun hal itu tak akan dilakukan Google lagi, karena raksasa pencarian ini akan menggantikannya dengan strategi lain.

Ya, Google tak akan lagi mengintip isi Gmail pengguna untuk beriklan, karena mereka nanti akan menyaring isi pesan email dan menggunakan “kata kunci” dari email untuk menayangkan iklan di dalam Gmail.

“Gmail sudah tidak digunakan sebagai masukan untuk personalisasi iklan, dan Google telah memutuskan untuk menjalankannya di tahun ini di layanan Free Consumer Gmail Service,” kata Senior VP Google, Diane Greene seperti dikutip dari The Verge.

Ia menjelaskan jika konten pada Gmail pengguna tidak lagi akan dipindai untuk keperluan iklan dan ini merupakan cara Google untuk mempersonalisasi iklan pada Gmail, sama seperti produk Google lainnya.

Meski Gmail bukan menjadi sumber informasi bagi Google untuk keperluan iklan, Google masih bisa “mengintip” aktivitas penggunanya yang menggunakan Google Search, history browser, YouTube dan aktivitas di browser Chrome lainnya untuk mendapatkan informasi demi keperluan iklan bertarget. (FHP/HBS)

SourceThe Verge

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI