Tak Cuma di Kota, Telkomsel Juga Garap ‘Petani Digital’

Telset.id, Jakarta – Petani sering dianggap sebagai pekerjaan yang jarang bersentuhan dengan teknologi Internet. Tapi di era digital seperti sekarang, kita akan semakin banyak melihat “petani digital” bermunculan. Telkomsel membuktikannya lewat program PETANI atau kepanjangan dari Peduli Tani Anak Negeri.

PETANI merupakan program e-agriculture yang sedang digarap Telkomsel bersama startup yang dihasilkan program The NextDev 2016, Habibi Garden dan Eragano. Program ini bertujuan untuk memberdayakan komunitas petani di Indonesia dari hulu ke hilir melalui pemanfaatan teknologi, khususnya seluler dan Internet of Things (IoT).

Solusi PETANI akan menggabungkan kekuatan jaringan Telkomsel yang stabil di berbagai lokasi pertanian atau perkebunan, dengan kemampuan Habibi Garden yang dapat memonitor kondisi tanaman secara real-time, dan Eragano dalam mengembangkan solusi dari hulu ke hilir untuk petani rumah tangga dengan menghadirkan ahli pertanian dan pendampingan dengan memanfaatkan platform digital.

“Solusi ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas petani, mengurangi biaya, dan meminimalisir kemungkinan gagal tanam,” ujar Ririek Adriansyah, Dirut Telkomsel dalam acara buka puasa bersama media di Telkomsel Smart Office, Jakarta, Senin (19/6/2017).

Untuk tahap awal, PETANI akan diterapkan di Lampung Selatan untuk komoditas cabe, dan di Garut Jawa Barat untuk komoditas kentang dengan luas areal lahan yang digarap mencapai sembilan hektar.

Program ini melibatkan lebih dari dua kelompok petani dengan menerapkan sistem otomasi pada mekanisme pengairan, pemupukan, dan intensitas cahaya, serta penggunaan sensor pembaca kondisi tanah sebanyak 560 unit.

“Kami bangga dapat bekerjasama dengan putra-putri bangsa yang memiliki cita-cita untuk memajukan Indonesia melalui pemanfaatan teknologi. Lebih spesial lagi karena keduanya pun merupakan lulusan dari program The NextDev yang kami selenggarakan,” jelas Ririek.

Tahun ini Telkomsel kembali menyelenggarakan kompetisi The NextDev. Program yang telah berlangsung untuk ketiga kalinya ini, telah menjaring 1.400 aplikasi dari seluruh Indonesia, dan merupakan bentuk upaya Telkomsel dalam mendorong anak muda Indonesia untuk dapat berkompetisi di era digital.

The NextDev tahun ini akan mengusung tema Karya anak Bangsa Untuk Solusi Indonesia dengan mengajak anak muda Indonesia untuk mewujudkan imajinasi dan ide mereka dalam kategori Health, Education, Agriculture, Transportation atau HEAT.

Ririek menegaskan, Telkomsel tetap akan mengembangkan bisnis digital sebagai salah satu mesin pertumbuhan pendapatan di masa depan dan upaya memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Kami tetap berkomitmen untuk mengembangkan ekosistem bisnis digital. Ini bakti Telkomsel bagi negeri,” tegasnya. [HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Charge Ponsel Saat Mandi, Remaja 15 Tahun Tewas Kesetrum

Telset.id, Jakarta - Mengisi daya ponsel terbukti tidak boleh dilakukan di sembarang tempat. Seorang perempuan berusia 15 tahun yang...

Cara Resize Ukuran Foto di Smartphone Tanpa Aplikasi

Telset.id - Smartphone masa kini sudah dibekali dengan resolusi kamera yang tinggi. Ini berimbas pada ukuran file dari foto yang...

Wow! Jutaan Burung Terdeteksi Migrasi dari Amerika Selatan

Telset.id, Jakarta - Sebuah radar cuaca di Florida Keys telah menangkap gambar proporsi Hitchcockian, yakni segerombolan besar burung yang...

Angkatan Laut AS Kembangkan Robot Belalang untuk Lacak Bom

Telset.id, Jakarta - Para ilmuwan telah mendapatkan guyuran dana dari Angkatan Laut Amerika Serikat (AS). Dana tersebut bakal digunakan...

Modem Snapdragon X60 Meluncur, Pertama dengan Fabrikasi 5nm

Telset.id, Jakarta - Qualcomm telah meluncurkan modem 5G terbaru, yakni Snapdragon X60. Modem ini merupakan modem 5G ketiga yang diluncurkan oleh...
- Advertisement -
X
X