Sambut Pemudik, XL Siapkan Mobile BTS di Ruas Tol Baru

Telset.id, Jakarta – Lebaran tinggal beberapa hari lagi, XL Axiata telah mempersiapkan infrastruktur yang mampu melayani pelanggan yang melintas di ruas tol baru. Persiapan yang sudah dilakukan antara lain berupa pemasangan mobile BTS (MBTS), yang hampir semuanya merupakan MBTS yang memiliki kemampuan mendukung jaringan 4G.

Pemasangan MBTS yang disiapkan XL ini berada di sejumlah lokasi ruas tol baru yang melewati wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta di ruas tol baru di Medan – Kuala Namu.

Menurut I Gede Darmayusa, VP Service Operation Management XL, karena mempertimbangkan sebagian dari ruas tol baru yang dibuka tersebut masih dalam tahap pembangunan, maka infrastruktur telekomunikasi pun juga belum secara khusus disiapkan di sepanjang jalan tol baru tersebut.

Meski begitu, ia memprediksi akan banyak pemudik yang memanfaatkan jalan-jalan baru tersebut yang berarti akan ada kebutuhan atas ketersediaan layanan telekomunikasi dan data.

“Kami menyiapkan perangkat penunjang yang juga masih bersifat darurat seperti MBTS, selain juga memperkuat jangkauan (coverage) dari BTS-BTS yang ada di jalan tol baru. Total lebih dari 30 unit MBTS yang kami kerahkan dalam rangka antisipasi kebutuhan selama Lebaran ini,” jelasnya dalam keterangan pers, Selasa (20/6/2017).

Gede menambahkan, tim teknis XL sudah menempatkan sebagian dari MBTS tersebut di tol baru dan melakukan uji jaringan juga di jalan-jalan tol baru tersebut, termasuk yang ada di Jawa Tengah, hingga Jawa Timur.

Dari uji jaringan tersebut bisa didapatkan titik-titik akurat mana yang masih memerlukan peningkatan kualitas jaringan., antara lain di area exit tol dan rest area yang biasanya terjadi kemacetan. Misalnya ada di exit tol Brebes, Pejagan, Weleri, Salatiga, Bawen, dan Sragen.

Selain itu, XL juga menindaklanjuti laporan dari pelanggan dan masyarakat, termasuk juga hasil pantauan media, mengenai lokasi-lokasi yang dipandang memerlukan penguatan sinyal.

Untuk menjamin kualitas jaringan dan layanan, XL Axiata meningkatkan kapasitas jaringan sebesar 2-3 kali lipat di beberapa lokasi mudik dibanding hari-hari biasa. Secara khusus, XL juga memanfaatkan teknologi MME dan MSS in Pool di jaringan core yang akan memudahkan pengalihan dari area yang kelebihan kapasitas ke area yang memerlukan tambahan kapasitas.

XL juga melakukan penguatan jaringan terutama di lokasi-lokasi yang berpotensi menjadi titik-titik kepadatan masyarakat, baik dalam rangka mudik/pulang kampung atau berlibur di berbagai daerah di Indonesia.

Lokasi-lokasi tersebut antara lain destinasi wisata populer, pusat keramaian seperti pusat perbelanjaan, fasilitas transportasi seperti bandar udara, terminal bus, stasiun kereta, juga pelabuhan laut.

Tidak lupa, tim XL juga akan siaga di jalur utama pulang kampung di berbagai daerah, terutama di sepanjang jalur Pantai Utara Jawa dan jalur Selatan yang rawan dengan kemacetan. (MS/HBS)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI