Tak Hanya Pintar, Bot Buatan Facebook Ini Bisa Negosiasi

Telset.id, Jakarta – Facebook membuat terobosan lagi di dunia teknologi. Kini raksasa media sosial yang memiliki Instagram, WhatsApp dan juga Messenger tersebut sedang mengembangkan bot yang mampu bernegoisasi atau menawar dengan kemampuan yang hampir mirip dengan manusia.

Dilansir dari Mashable, para peneliti dari Facebook Artificial Intelligence Researchers (FAIR) ini tak hanya mengajarkan bot untuk pintar negoisasi, tapi juga bisa bertindak jauh lebih manusiawi. Para peneliti tersebut melatih bot dengan memberikan data masukan berupa contoh negoisasi antara dua orang yang ingin membagi berbagai hal dengan nilai yang berbeda.

“Ini bot terbaik yang memiliki kemampuan sebanding dengan manusia. Setidaknya memiliki keunggulan dalam hal kesabaran dan juga tekad yang tak terbatas,” klaim Mike Lewis, salah satu ilmuwan dari FAIR.

[Baca Juga: Akankah Robot Mengambil Alih Pekerjaanmu? Tanyakan ke Situs Ini]

Meski memiliki kemampuan negoisasi yang hampir mirip dengan manusia, para peneliti AI di Facebook tidak serta merta membuat bot untuk meniru perilaku manusia. Para peneliti ini justru membuatnya untuk bisa mengantisipasi atau mengatasi apa yang akan dilakukan oleh manusia dalam situasi tertentu.

Sehingga ketika bot ini diuji cobakan dengan manusia langsung, orang-orang tak akan menyadari jika mereka sedang berinteraksi atau bernegoisasi dengan bots.

[Baca Juga: 45 Tahun ke Depan, Robot akan Setara Manusia]

Yang menarik dari bot buatan Facebook ini adalah bisa berbohong demi mendapatkan hasil negoisasi yang lebih baik. Taktik tersebut dijelaskan oleh Lewis, berdasarkan perilaku atau contoh dari cara negoisasi ala manusia yang menjadi data pembelajaran bot tersebut.

“Di masa depan mungkin orang-orang akan menggunakan chatbot untuk bernegoisasi dengan pelanggan atau mendapatkan jadwal yang terbaik,” katanya. (FHP/HZ)

SourceMashable

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI