Awas! Aplikasi Malware Ini Tidak Bisa Dihapus di Android

Telset.id, Jakarta – Pengguna smartphone Android harus lebih berhati-hati lagi dalam meng-install aplikasi, karena semakin banyak malware yang mengancam. Salah satu malware berbahaya yang ditemukan berwujud aplikasi cleaner mirip CCleaner, yakni Ks Clean. Malware ini sangat berbahaya karena sama sekali tidak bisa dihapus.

Banyak sekali malware bertebaran di toko aplikasi Play Store. Contohnya kehadiran malware Judy di Google Play Store yang harus dihindari karena akan memunculkan iklan-iklan palsu yang memberikan keuntungan finansial bagi sang hacker. Nah sekarang ada malware lainnya yang lebih berbahaya lagi karena sama sekali tidak bisa dihapus.

Malware tersebut bernama Ks Clean, malware yang berwujud aplikasi cleaner mirip CCleaner. Aplikasi ini memang tidak hadir di Google Play Store karena hanya berwujud APK saja, namun jika Anda tak sengaja meng-install-nya, maka aplikasi tersebut akan memaksa penggunanya untuk mengunduh update keamanan.

[Baca juga: Malware Berkedok Game Serang 36,5 Juta Perangkat Android]

Nah, jika update tersebut telah ter-install, “kekacauan” pertama yang akan smartphone Anda alami adalah, aplikasi berisi malware itu tidak akan bisa dihapus, meski penggunanya berusaha menghapusnya secara manual. Jika masih dipaksakan, maka smartphone akan langsung freeze atau hang.

Kekacauan kedua, aplikasi tersebut akan menampilkan popup yang memberikan informasi palsu bahwa smartphone Anda telah memiliki celah yang bisa dieksploitasi oleh para hacker. Parahnya, pada popup tersebut hanya akan ada tombol Ok saja, sehingga mau tidak mau penggunanya harus menekan tombolnya.

[Baca juga: Awas! Ada Malware yang Lebih Berbahaya dari WannaCry]

Ketika pengguna menekan tombol Ok, otomatis aplikasi malware tersebut otomatis akan men-download file APK lainnya yang akan terpasang otomatis ke smartphone korbannya, dan proses infeksi smartphone akan terulang terus-menerus.

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Selain berhati-hati dalam meng-install aplikasi dan juga ketika mengakses situs-situs tertentu, Anda juga harus mematikan pengaturan Unknown Sources di bagian Settings agar tidak akan ada file berekstensi APK terpasang otomatis pada smartphone Anda. (FHP/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI